Iklan

 


FEC Media
9 Agu 2021, 15.59 WIB
NewsPilkades

Pemerintah Tunda Seluruh Tahapan Pilkades di Tanah Air, Kadis PMD Matim: Kita Akan Minta Petunjuk Bupati

Gaspar Nanggar. (Foto: FEC Media)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Pemerintah melalui kementrian Dalam Negeri, menunda seluruh tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Tanah Air hingga 09 Oktober Mendatang.


Penundaan ini dilakukan menyusul naiknya Pasien terkonfirmasi Positif Corona Varian Delta di Indonesia.


Mentri dalam Negeri, Tito Karnavian, melalui surat Bernomor 141/4251/SJ yang salinannya diterima media ini di Jakarta, Senin (09/08/2021) mengatakan, penundaan tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak maupun Pemilihan Antar Waktu (PAW) yang berpotensi menimbulkan kerumunan seperti pengambilan nomor urut, kampanye calon dan pemungutan suara.


“Penundaan ini, tidak membatalkan tahapan yang telah dilaksanan sebelumnya,” kata Mendagri.


Selama proses penundaan, pemerintah daerah diminta untuk berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarkat dengan menerapkan protokol kesehatan dan mendorong percepatan vaksinasi Covid-19.


Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Gaspar Nanggar, menjelaskan, pihaknya akan meminta petunjuk Bupati Manggarai Timur perihal penundaan pelaksaan tahapan Pilkades yang disampaikan pemerintah Pusat.


“Kita akan minta petunjuk Bupati terlebih dahulu perihal penundaan tahapan pilkades ini,” kata Gaspar, Senin (09/08/2021).


Menurutnya, usai mendapatkan petunjuk Bupati, pihaknya akan menyampaikan hal tersebut kepada seluruh camat di Kabupaten Matim agar bisa mensosialisasikan penundaan tahapan pilkades ke desa-desa yang akan melaksanakan pilkades.