Iklan

 


FEC Media | Verified Writer
19 Agu 2021, 20.29 WIB
Tango Molas

Rencana Penetapan Cakades Tango Molas Dinilai Langgar Perbup

Kutipan surat penolakan rencana penetapan Cakades Tango Molas. (Ist)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Panitia Pemilihan kepala Desa Tango Molas, dinilai telah melanggar peraturan Bupati No. 66 Tahun 2020 tentang tekhnis operasional pemilihan kepala Desa.


Hal ini disampaikan Yulianus Mariono, salah satu calon kepala desa (Cakades) di desa tersebut melalui surat penolakan penetapan bakal calon kepala Desa Tango Molas tahun 2021 yang salinannya diperoleh media ini, Kamis (19/08/2021).


Dalam surat tersebut, Yulianus menilai, Panitia Pilkades Tango Molas telah mengabaikan peraturan Bupati (Perbup) Matim No.66 Tahun 2020 pasal 24, 27 dan 30 yang merupakan satu kesatuan dan saling berkaitan.


Selain itu, kata Yulianus, Panitia Pilkades Tango Molas tidak pernah melakukan klarifikasi kepada instansi terkait tentang keabsahan berkas setiap Calon kepala Desa di desa tersebut.


Ia juga menilai, Panitia Pilkades Tango Molas telah melakukan pembohongan publik dengan memberikan informasi yang tidak benar dan menyesatkan kepada masyarakat sehingga memicu kegaduhan di tengah masyarakat.


“Bahwa proses yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan kepala Desa Tango Molas, telah melanggar peraturan Bupati No. 66 Tahun 2020 tentang tekhnis operasional pemilihan kepala Desa,” kata Yulianus, Kamis (19/08/2021).


Kerenanya secara tegas, dirinya menyampaikan penolakan terhadap rencana penetapan bakal calon kepala Desa Tango Molas tahun 2021.


Informasi yang dihimpun media ini, surat penolakan rencana penetapan calon kepala desa Tango Molas tahun 2021 itu telah ia kirimkan ke sejumlah instansi seperti Camat Lamba Leda Timur, Dinas PMD Matim, Kepolisian Resort Kabupaten Manggarai Timur dan Pihak BPD setempat.