Iklan

 


Rian Laka
4 Agu 2021, 19.27 WIB
NewsPLNPLTU Ropa

Sengkarut Bongkar Muat Batubara PLTU Ropa, Kanis Poto Sebut Tak Pernah Keluarkan Izin Angkut

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (Dinas Penanaman Modal dan PPTSP) Kabupaten Ende, Kanis Poto. (Foto: VoxNTT)


Ende, Floreseditorial.com - Terkait proses pengangkutan batubara dari dermaga pembongkaran di wilayah Mausambi menuju kawasan Perusahan Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ropa, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (Dinas Penanaman Modal dan PPTSP) Kabupaten Ende, Kanis Poto, mengatakan bahwa dinasnya tak pernah mengeluarkan izin angkut.


“Kami tidak pernah mengeluarkan izin angkut batubara dari Dermaga pembongkaran di mausambi menuju lokasi PLTU Ropa,” katanya, dalam keterangan yang diterima Floreseditorial.com, Rabu (04/08/2021).


Kanis menjelaskan, sesuai kewenangan, izin angkut dari lokasi menuju dermaga pembokaran batubara kapal tongkang wilayah Mausambi, adalah kewenangan Pusat. 


“Sedangkan dari Mausambi menuju lokasi PLTU Ropa, itu kewenangan Dinas Kami, namun sampai saat ini kami belum pernah mengerluarkan izin angkut,” tegasnya.


Terkait izin pembangunan PLTU Ropa, katanya lebih lanjut, dilakukan sebelum Dinas Penanaman Modal belum berdiri di Kabupaten Ende.


"Jadi untuk hal yang tersebut, silahkan tanya ke Bapeda atau PU,” Ujar Kanis


Ditanyai terkait izin labuh tongkang, Ia menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan kewenangan Kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan.


“Itu bukan kewenangan  Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Ende,” tandasnya.