Iklan

 


FEC Media | Verified Writer
15 Sep 2021, 18.38 WIB
donor darahNews

Sambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-66, Ini yang Dilakukan Satlantas Polres Mabar


Menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-66, Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai Barat menggelar kegiatan Donor Darah. (Ist)



Labuan Bajo, Floreseditorial.com – Menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-66, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Manggarai Barat menggelar kegiatan Donor Darah, Rabu (15/09/2021) pagi sekitar pukul 09.00 Wita. 


Kegiatan Donor Darah yang diadakan di Kantor Satlantas Polres Manggarai Barat ini diikuti oleh puluhan personil Satlantas dan masyarakat umum.


Kegiatan ini juga didukung oleh PMI Manggarai Barat bekerja sama dengan RSUD Pratama Komodo Labuan Bajo sebagai pihak yang nanti menyimpan dan mendistribusikan kantong darah.


Pelaksanaan Donor Darah dilakukan dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat dengan menerapkan 5M. Selain itu proses pengambilan darah juga dilakukan sterilisasi sesuai Protokol Covid-19.


Kapolres Manggarai Barat melalui Kasat Lantas IPTU Royke Weridity mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-66, yang puncaknya jatuh pada 22 September 2021 mendatang. 


"Hal ini kita lakukan sebagai bentuk rasa syukur, atas Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-66. Selain itu juga, guna menjaga kebugaran tubuh para personil kita juga," ucapnya.


"Satlantas juga akan menyelenggarakan kegiatan Vaksinasi bagi masyarakat umum sebagai salah satu upaya mempercepat dan menyukseskan program Vaksinasi Nasional. Selain Vaksinasi, rangkaian memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-66 juga dilakukan dengan kegiatan pemberian bantuan sosial berupa sembako bagi warga," ungkap IPTU Royke Weridity. 


Dengan pelaksanaan Donor Darah ini, Kasat Lantas berharap darah tersebut dapat bermanfaat bagi orang banyak. 


"Kegiatan ini sebagai wujud dan perhatian Satlantas Polres Manggarai Barat untuk mengatasi ketersedian pasokan darah terutama di tengah–tengah pandemi Covid-19 saat ini, sehingga dapat membantu dan menolong pasien jika sewaktu–waktu membutuhkan darah," sebut mantan Kapolsek Komodo itu. 


"Semoga apa yang kita perbuat hari ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," tambahnya.


Lebih lanjut disampaikan IPTU Royke Weridity, di Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-66 ini, ke depan Satlantas Polres Manggarai Barat menjadi lebih baik, yakni yang Presisi, Tangguh dan Tumbuh di Masa Kenormalan Baru. 


"Apa yang kita harapkan ke depan menjadikan Satlantas Presisi, Tangguh dan Tumbuh dapat segera terlaksana. Dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada PMI Manggarai Barat yang telah turut mensukseskan kegiatan ini," ucap Kasat Lantas. 


Dalam kesempatan ini, Perwira dengan balok dua dipundaknya itu juga meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga dan menjalankan Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. 


"Tetap patuhi Protokol Kesehatan, karena pandemi Covid-19 belum berakhir. Bagi yang belum mengikuti Vaksinasi agar segera mendaftarkan diri, sehingga tubuh kita tidak rentan dengan Virus Covid-19," imbuhnya. 


Sementara itu, Ibu Siska Gonsalves, selaku tenaga lapangan PMI Manggarai Barat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Satlantas Polres Manggarai Barat sebagai salah satu upaya membantu memenuhi kurangnya ketersediaan stok darah di PMI Manggarai Barat. Ia berharap kegiatan serupa dapat dilakukan oleh pihak lainnya ke depan. Sehingga mampu memenuhi permintaan darah dari warga yang membutuhkan.


"Kita berharap masyarakat semakin peka untuk melakukan Donor Darah karena memang stok darah kita selama ini kurang. Kita apresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Satlantas Polres Manggarai Barat ini dan semoga bisa diikuti oleh yang lainnya ke depan. Karena Donor darah ini menyehatkan," katanya.


Selain anggota Polres Manggarai Barat, kegiatan Donor Darah juga diikuti oleh masyarakat umum. Peter, salah satu peserta donor mengakui kegiatan Donor Darah ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan darah warga masyarakat Manggarai Barat.


"Saya ikut Donor Darah hari ini karena memang atas dasar inisiatif pribadi karena sering mendengar informasi keluarga–keluarga pasien yang tengah dirawat di rumah sakit sering kesulitan mencari pendonor darah. Mudah–mudahan dengan tersedianya stok di PMI bisa membantu yang membutuhkan," ujarnya.