Iklan

 


FEC Media | Verified Writer
8 Sep 2021, 18.30 WIB
kebakaranNews

Sebelum Terbakar, Ledakan Beruntun Terjadi dari Sebuah Warung di Labuan Bajo

Kebakaran hebat yang menghanguskan sebuah warung dan dua unit rumah warga di Labuan Bajo. (Foto: FEC Media / Roby)


Manggarai Barat, Floreseditorial.com - Petugas gabungan dibantu warga sekitar berhasil memdamkan kebakaran hebat yang melanda sebuah warung dan dua unit rumah milik warga di Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Peristiwa itu terjadi, Selasa (07/08/2021).


Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Kasat Reskrim IPTU Yoga Darma Susanto, S.Tr.K. menyebutkan, lokasi kebakaran berada di Jalan Daniel Daeng Nabit, Dusun Waebo, Kelurahan Wae Kelambu tepatnya didepan Kantor KPUD Manggarai Barat.


Dia menjelaskan, bangunan yang terdiri dari warung makan dan dua unit rumah milik warga yang ikut terbakar itu masing–masing milik MS (43), kemudian rumah milik BAH (29), dan rumah milik SS (60).


"Penyebab terjadinya kebakaran hingga kini masih dalam proses penyelidikan," ungkap IPTU Yoga, Rabu (08/09/2021) siang.


Kasat Reskrim juga mengungkapkan kronologis kejadian kebakaran tersebut. 


Menurutnya, sekitar pukul 22.45 Wita saat SS (60) sedang duduk di ruang tamu, terdengar beberapa ledakan kecil dari samping rumahnya tepatnya dari arah dalam dapur Warung Makan Alas Daun yang disusul kobaran api.


Selanjutnya, SS (60) memanggil suaminya HY (60) yang sedang berbaring dalam kamar dan berteriak meminta tolong kepada warga sekitar untuk membantu  memadamkan api. 


Namun api disertai angin kencang dengan cepat langsung menyambar rumah milik SS (60) dan BAH (29) sehingga rumah mereka ikut terbakar.


Diketahui,  pemilik warung maupun pekerja tidak berada ditempat, saat kebakaran terjadi.


"Tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi diperkirakan sekitar Rp 500.000.000," tambahnya.


Lebih lanjut,  IPTU Yoga Darma Susanto, S.Tr.K. mengatakan dalam upaya pemadaman, 2 unit pemadam dan 1 mobil tanki air milik warga dikerahkan. 


Selain itu, petugas gabungan yang terdiri dari Pemadam Kebakaran (Damkar) Sat Pol-PP Manggarai Barat dibantu personil TNI-Polri bersama masyarakat setempat juga ikut memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.


"Ada sejumlah personil Polres Manggarai Barat, Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Manggarai Barat, Koramil 1612-02/Komodo dan Sat Pol-PP Manggarai Barat bersama masyarakat membantu memadamkan api serta mengamankan barang–barang milik para korban. Personil Kepolisian juga mengamankan lokasi kebakaran dengan memasang Garis Polisi (Police Line) untuk kepentingan penyelidikan," jelas Kasat Reskrim.


Laporan: Roby