Beranda Nasional BAKTI Akan Prioritaskan Bangun BTS di Daerah 3T

BAKTI Akan Prioritaskan Bangun BTS di Daerah 3T

0
BERBAGI

Andreas Hugo Pareira, Anggota DPR RI asal NTT melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Lembata pada hari Sabtu 14 April 2018.

Tujuan kunjungan kerjanya pada kesempatan kali ini adalah untuk mensosialisasikan pemasangan BTS dan akses internet di wilayah Lembata.

Kegiatan tersebut bertempat di kantor Bupati Lembata.

Pada kesempatan itu, Andreas Pareira melakukan sosialisasi bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur dan Thomas Ola Langoday, Kepala Dinas Kominfo Markus Labi, para Camat, para Kepala Desa, Kepala Sekolah, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan masyarakat.

Andreas Hugo Pareira dalam sambutannya mengatakan, bahwa salah satu program Presiden Jokowi adalah membangun Indonesia dari daerah pinggiran, termasuk membangun telekomunikasi yang menjangkau seluruh wilayah NKRI supaya tidak tertinggal.

Kementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI), fokus membangun BTS dan akses internet pada daerah yang dianggap tertinggal, terluar dan terdepan di wilayah NTT, secara khusus di wilayah Kabupaten Flores Timur, Lembata dan Alor.

Namun, di seluruh wilayah NTT juga mengalami masalah yang sama yakni keterbatasan jangkauan telekomunikasi.

Andreas Pareira melanjutkan, bahwa ia berharap melalui solusi yang dilakukan oleh BAKTI, dapat menjawab problem keterbatasan jangkauan komunikasi di wilayah NTT khususnya di Lembata.

Tentu perlunya support pemerintah daerah terkait pembebasan lahan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembangunan BTS ini.

Semoga rencana yang baik ini mendapat respon yang baik dari masyarakat Lembata untuk menjawab persoalan keterbatasan telekomunikasi.

Menindaklanjuti sosialisasi ini, BAKTI akan mendahulukan pembangunan BTS di Desa Lerek, Kecamatan Atadei (lokasi gunung Ile Werung) untuk mendukung pelaksanaan festival 3 gunung di Kabupaten Lembata pada Bulan Oktober 2018 yang akan datang.

Untuk tahun 2018 di Lembata akan dibangun 5 BTS yang berlokasi di 5 Desa pada 9 Kecamatan dengan mayoritas pembangunan pada Desa-Desa di wilayah Kecamatan Atadei dan Kecamatan Nagawutung, serta pembangunan 20 akses internet yang akan disediakan bagi tempat pelayanan umum (puskesmas dansekolah) yang tersebar. Untuk sekolah akan diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang menggelar UNBK. Lalu, akan dilanjutkan pada tahun 2019 dengan membangun 32 BTS lagi di seluruh dataran Lembata.

Laporan : Andre Kornasen
Edotor : Hardy Sungkang

Comments

comments

loading...

Tinggalkan Balasan