Beranda Headline Banyak Ormas Belum Terdaftar di Kesbangpol Manggarai Timur, Salah Satunya SRMI

Banyak Ormas Belum Terdaftar di Kesbangpol Manggarai Timur, Salah Satunya SRMI

0
BERBAGI
Ilustrasi Ormas (Net)

Borong, floreseditorial.com – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) menjelaskan, bahwa hingga saat ini masih banyak organisasi di Kabupaten Manggarai Timur yang belum mendaftar secara resmi di kantor Kesbangpol Manggarai Timur.

Hal ini disampaikan oleh Agus Kabur selaku Kaban Kesbangpol Manggarai Timur saat dikonfirmasi media ini terkait banyaknya organisasi yang belum terdaftar di kantor Kesbangpol Matim.

“Hingga saat ini, masih banyak Ormas di Kabupaten Manggarai Timur yang belum terdaftar di kantor Kesbangpol Matim”tegas Agus Kabur

Menurutnya, salah satu dari sejumlah organisasi tersebut adalah Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI).

“Salahsatunya SRMI, hingga saat ini ormas tersebut  belum melapor secara resmi di kantor Kesbangpol Matim”, ungkap Agus pada media ini, Jumat (13/04) melalui sambungan telepon.

Ia menjelaskan bahwa seluruh organisasi kemasyarakatan, kepemudaan dan lembaga swadaya masyarakat yang ada di Kabupaten Manggarai Timur diminta segera mendaftar ke kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Manggarai Timur.

“Apabila Ormas tidak melakukan pendaftaran, maka keberadaannya tidak akan diakui dan dianggap illegal, karena tidak terdaftar”, tutur Agus.

Maka dari itu, pihaknya menghimbau apabila keberadaannya ingin diakui dan dianggap legal, agar segera mendaftar dan melakukan registrasi ulang ke kantor Kesbangpol.

Ia menjelaskan, bahwa Negara dan pemerintah wajib mengatur hak dan kewajiban Ormas, OKP dan LSM dalam tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Tujuan adanya organisasi ini juga untuk menjamin pengakuan dan penghormatan atas hak kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil, sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan dan ketertiban umum, dalam suatu masyarakat demokratis. Maka dari itu, setiap organisasi harus dan wajib mendaftarkan diri ke kantor kami,” tukasnya.

Laporan : Yon Sahaja

Editor  :Hardy Sungkang

Comments

comments

loading...

Tinggalkan Balasan