Beranda Politik Pilkada Ditanya Soal Penggunaan Anggaran, Ketua KPU Matim: Kita Belum Evaluasi

Ditanya Soal Penggunaan Anggaran, Ketua KPU Matim: Kita Belum Evaluasi

0
BERBAGI
Ambrosius Arifine, ketua KPU Kabupaten Manggarai Timur (Foto:TeamYPF)

Borong, floreseditorial.com – Publik Manggarai Timur (Matim) kini bertanya-tanya tentang besar anggaran yang digelontorkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Matim dalam setiap tahapan Pemilukada di Kabupaten Manggarai Timur.

Salah satunya terkait anggaran debat calon kepala daerah (Cakada) Kabupaten Manggarai Timur yang sampai saat ini belum diketahui besaran biayanya.

Selain biaya debat Cakada, publik juga bertanya-tanya soal besaran biaya yang digelontorkan KPU untuk mendatangkan presenter salah satu Televisi swasta nasional, Brigita Manohara sebagai Moderator dalam debat Cakada Matim itu.

Pertanyaan ini cukup mendasar, mengingat besarnya alokasi dana yang bersumber dari APBD II Kabupaten Manggarai Timur untuk penyelenggaraan pesta demokrasi 5 tahunan itu.

“Kita berharap agar KPU Matim lebih transparan kepada masyarakat, terkait besarnya biaya yang digunakan untuk debat calon bupati dan wakil bupati Manggarai Timur”, ujar aktivis FORMAT (Forum Pemuda Manggarai Timur,red), Gundisalvus Ndarung pada floreseditorial.com, Kamis (12/04).

Menurut Gun, besarnya anggaran untuk setiap item yang digunakan harus disampaikan secara terbuka kepada masyarakat Kabupaten Manggarai Timur.

“Karena ini menyangkut penggunaan APBD”, tukas Gun.

Dikonfirmasi terpisah Ketua KPU Matim, Ambrosius Arifin kepada floreseditorial.com menjelaskan, bahwa hingga saat ini pihaknya selaku penyelenggara pemilu belum melakukan evaluasi.

“Kita belum melakukan evaluasi terhadap penggunaan anggaran debat Cakada tahap satu yang diselenggarakan baru-baru ini”, jelas Ambrosius pada floreseditorial, pada Kamis (12/04).

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan masih ada debat Cakada tahap II dua yang akan diselenggarakan oleh KPU Matim.

“Pada prinsipnya, nanti semuanya akan dievaluasi”, ujar ketua KPU Matim itu.

Ia menjelaskan, besarnya anggaran yang telah digelontorkan pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Timur untuk setiap tahapan Pemilukada tahun 2018 di Kabupaten Manggarai Timur tentu akan dievaluasi.

“Di dalam anggaran 22 Miliar itu, sudah memuat item-item dari setiap tahapan Pemilukada, termasuk biaya debat Cakada”, tukas Ambrosius.

Untuk diketahui, dana untuk kepentingan pemilihan kepala daerah Kabupaten Manggarai Timur tahun 2018, pemerintah Kabupaten Manggarai Timur harus menggelontorkan anggaran sebesar 22 miliar lebih.

Dana tersebut berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) II Matim dan diputuskan melalui rapat bersama dengan DPRD Matim.

Laporan : Andre Kornasen
Edotor : Hardy Sungkang

Comments

comments

loading...

Tinggalkan Balasan