Beranda Ende Dua Pabrik Es Mubazir Seperti Rumah Hantu,Pemkab Canangkan Bangun Pabrik Es Baru

Dua Pabrik Es Mubazir Seperti Rumah Hantu,Pemkab Canangkan Bangun Pabrik Es Baru

0
BERBAGI
Bangunan pabrik es terlihat seperti rumah hantu(foto:team YPF)

ENDE,Floreseditorial.com–Dua pabrik es mubazir layaknya seperti rumah hantu,pemerintah Kabupaten Ende pada tahun 2018 ini akan kembali mencanangkan untuk mengalokasikan dana sebesar dua (2) miliyar rupiah untuk membangun kembali satu unit pabrik es baru.

Pasalnya,dua unit pabrik es yang ada pada Dinas Perikanan dan Kelautan kondisinya sudah rusak dan tidak dapat difungsikan lagi.
Penegasan tersebut disampaikan kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Ende, Muslim Rauf kepada media di ruang kerjanya, Senin, (9/418).

Dikatakannya, pembangunan satu unit pabrik es ini untuk menggantikan dua pabrik es yang sudah tidak berfungsi lagi.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Ende,Muslim Rauf(foto:team YPF)

“Dalam tahun anggaran 2018 ini, pemerintah kembali mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 2 miliyar lebih untuk membangun satu unit pabrik es baru,”papar Muslim Rauf.

Ia menjelaskan,bahwa pembangunan pabrik es baru tersebut guna untuk mengganti dua unit pabrik es yang ada pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Ende yang saat ini dalam kondisi rusak parah.

Ia mengakui, bahwa persoalan pabrik es yang ada sudah lama tidak berfunsi dan bangunannya sudah menjadi rumah hantu.

“Saya sudah melihat kondisi pabrik es yang memang sudah sangat memprihatinkan kondisinya.Sehingga, untuk itu,pemerintah kembali merencanakan akan membangun pabrik es yang baru demi memenuhi kebutuhan masyarakat,kususnya bagi para nelayan,”papar Kadis Muslim Rauf.

Ia mengatakan pabrik es yang lama yang dibangun sejak masa Bupati Paulinus Domi sempat beroperasi selama setahun dan memberi kontribusi kepada daerah sebesar Rp. 100 juta, setelah itu tidak ada lagi kontribusi bagi daerah karena mengalami kerusakan.

“Untuk saat ini kami (Dinas Perikanan) masih menunggu rampungnya perencanaan tersebut, pasalnya masih ada sedikit kekeliruan dalam perencanaan yang masih dalam tahap perbaikan,”ucapnya.

Menurutnya, Kalau sudah rampung, secepatnya akan dibentuk panitia kerja untuk melakukan pelelangan kepada publik. Sesuai dengan desain pembangunan pabrik es yang baru yang mana terbagi dalam beberapa item pekerjaan.

Ia menjabarkan, untuk pembangunan gedung pabrik es dialokasikan dana sebesar Rp. 728 juta, pemasangan listrik Rp. 70 juta, pekerjaan coolstoried Rp. 190 juta, pengadaan mesin genzet Rp. 178 juta, pengadaan mesin giling Rp. 35 juta, dan pengadaan mesin pabrik es sebesar Rp. 900 juta.

“Dalam waktu dekat ini kita akan lakukan pelelangan sesuai jadwal dan setelah perencanaan pabrik es akan dirampungkan terlebih dahulu,”terang Kadis Perikanan Muslim Rauf.

 

Laporan: Rian Laka
Editor: Hardy Sungkang

Comments

comments

loading...

Tinggalkan Balasan