Program Petani Merdeka, Solusi Kelangkaan Pupuk Subsidi di Manggarai

- Jumat, 4 Juni 2021 | 15:12 WIB

 

Ilustrasi Petani. (Net)

Manggarai, Floreseditorial.com - Dalam upaya meningkatkan produksi pertanian ditengah keterbatasan alokasi pupuk subsidi, Pemerintah Kabupaten Manggarai akan melakukan pilot project program "Petani Merdeka" dengan memanfaatkan pupuk non subsidi. Hal ini dibahas pada rapat koordinasi peluang penggunaan pupuk non subsidi, Jumat pagi (4/6), bertempat di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai. 


Penggunaan pupuk non subsidi melalui program ini akan melibatkan sejumlah pihak antara lain para petani, pihak perbankan, Bulog, PPL, Kepala Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas. 


"Tujuan utamanya tentu meningkatkan produksi pertanian kita, terutama sawah. Tujuan antaranya, intermediate-nya, adalah menyelesaikan masalah pupuk," tutur Bupati Manggarai, Herybertus G.L.Nabit, S.E.,M.A, saat menyampaikan arahannya. 


Peluang penggunaan pupuk non subsidi, lanjutnya, menjadi salah satu solusi awal ditengah keterbatasan alokasi pupuk subsidi. Walaupun beresiko membebani petani terutama pada harganya yang lebih mahal, namun hal itu bisa diantisipasi dengan memberikan kredit keuangan kepada petani. 


"Kredit Usaha Rakyat yang sebagian besar petani kita belum memanfaatkannya," tuturnya. 

Halaman:

Editor: Admin Flores Editorial

Terkini

PLN Ajak Masyarakat Migrasi Energi Minyak Ke Listrik

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:59 WIB

Penerbangan Umrah Mulai Bergairah Di Tengah Pandemi

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:48 WIB

Kemenparekraf Beri Bimtek 100 Pelaku Ekraf Kuliner

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:10 WIB
X