• Jumat, 1 Juli 2022

Fokus Hibah MSC Tahun Ini Melindungi Spesies Laut yang Terancam Punah

- Sabtu, 23 April 2022 | 18:51 WIB
Ilustrasi kepiting di laut. (Wikilmages/Pixabay)
Ilustrasi kepiting di laut. (Wikilmages/Pixabay)

Floreseditorial.com- Organisasi internasional nirlaba Marine Stewardship Council (MSC) menyatakan hibah "Ocean Stewardship Fund" (OSF) yang diberikan kepada parapihak tahun 2022 ini sebagian berfokus pada dorongan perbaikan yang lebih melindungi spesies yang langka, terancam punah atau dilindungi.

"Cakupan dan jangkauan dana tahun ini pun berkembang, dengan adanya dukungan donasi pihak ketiga," kata Kepala Eksekutif MSC Rupert Howes.

Ia menjelaskan bahwa di tengah kekhawatiran global tentang menurunnya keanekaragaman hayati laut, hibah tahun 2022 ini sebagian berfokus pada dorongan perbaikan yang lebih melindungi spesies yang langka, terancam punah atau dilindungi maupun ekosistem laut yang rentan.

Hal itu, kata dia, diwujudkan dengan proyek di Argentina, Australia, Inggris Raya, Prancis dan Greendland.

Baca Juga: Pembayaran Aset Kripto Bekerja Sama dengan Twitter

Greenland adalah negara otonom Kerajaan Denmark yang terletak di antara Samudra Arktik dan Atlantik, sebelah timur Kepulauan Arktik Kanada.

Ia menjelaskan secara total dana hibah OSF yang diberikan sebesar 936.000 ribu dolar AS atau setara Rp13 miliar lebih dalam bentuk 22 hibah dengan masing-masing menerima 6.500 dolar AS (Rp90 juta)
hingga 68.000 dolar AS (Rp970 juta).

Dana hibah itu diberikan kepada sektor perikanan, ilmuwan, LSM dan mahasiswa pascasarjana di 12 negara untuk membantu upaya internasional dalam konservasi laut dan perikanan berkelanjutan.

Setidaknya, kata dia, setengah dari hibah (459.000 dolar AS) digunakan mendukung perikanan di negara berkembang yang sedang bertransisi menuju praktik berkelanjutan, termasuk Indonesia, Meksiko dan India.

Baca Juga: Hilangnya Pria Di Alor NTT, Dikabarkan Nekat Melompat Ke Laut Pada Saat Memancing

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X