Rupiah Menguat Ditopang Ekonomi Domestik Yang Membaik

- Jumat, 27 Mei 2022 | 14:37 WIB
Ilustrasi - Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dollar AS di Jakarta. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/kye/pri.
Ilustrasi - Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dollar AS di Jakarta. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/kye/pri.

Floreseditorial.com -  tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi dibuka menguat ditopang perekonomian domestik yang membaik.

Rupiah pagi ini bergerak menguat 22 poin atau 0,15 persen ke posisi Rp14.591 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.613 per dolar AS.

"Penguatan dipengaruhi oleh kondisi ekonomi di dalam negeri yang cukup stabil dan membaik, dan respons positif terhadap berbagai kebijakan pemerintah dan BI yang masih tetap fokus kepada pemulihan ekonomi," kata analis Bank Mandiri Rully Arya saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Baca Juga: BI: Uang Beredar Naik 13,6 Persen, Ditopang Akselerasi Kredit

Sementara itu, lanjut Rully, dari eksternal pergerakan rupiah dipengaruhi oleh dolar AS yang cenderung melemah.

Pada notula rapat Federal Open Market Committee (FOMC) yang dirilis pada dini hari Kamis (26/5), menunjukkan The Fed masih akan menaikkan suku bunga acuannya pada beberapa bulan ke depan sebagai upaya menekan inflasi yang tinggi di AS.

Beberapa pejabat The Fed memandang target kenaikan suku bunga untuk jangka panjang dapat turun dari ekspektasi sebelumnya dengan level target suku bunga 2,5 persen menjadi target yang rasional menurut mereka.

Baca Juga: Rupiah Dibuka Menguat Usai BI Tahan Suku Bunga Acuan

"Pernyataan ini menyebabkan aksi beli pelaku pasar terhadap dolar AS nampak tertahan, selain pelaku pasar yang sudah melepas posisi beli dolar AS sejak Mei 2021 lalu," tulis Tim Riset Monex Investindo Futures dalam kajiannya.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengendalikan Inflasi Dari Lahan Bekas Tambang Di Babel

Senin, 19 September 2022 | 14:23 WIB

Ini Daftar Tarif Baru Angkot di Kota Kupang

Minggu, 11 September 2022 | 15:38 WIB

Pemerintah Canangkan Pembangunan Paket CP 202 MRT Jakarta

Minggu, 11 September 2022 | 07:00 WIB
X