Sandiaga Ajak Wisata Sejarah Sambut Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-77

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 12:13 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Floreseditorial.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengharapkan pelaku pariwisata menyemarakkan peringatan ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2022 dengan memberikan promo seperti potongan harga, tarif tiket hemat, hingga penawaran cashback.

"Berbagai destinasi wisata dan rekreasi di daerah dapat menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi masyarakat saat libur kemerdekaan. Selain taman rekreasi atau wisata alam, tidak ada salahnya menjadikan wisata sejarah sebagai alternatif, seperti museum,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan Weekly Press Briefing, Jakarta, Selasa.

Masyarakat Jabodetabek disebut dapat melakukan wisata sejarah dengan mengunjung tempat seperti Tugu Proklamasi, Gedung Joeang’45, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Monumen Nasional, Rumah Rengasdengklok, dan Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok.

Baca Juga: Dishub Wondama Gandeng Perusahaan Helikopter Layani Kampung Terisolasi

Wisata tersebut dinilai bisa dilakukan bersama keluarga dengan biaya murah serta memberikan pengalaman menarik.

“Untuk itu, saya mengimbau kepada pengelola destinasi pariwisata untuk menerapkan protokol kesehatan dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) agar para pengunjung dapat berlibur dengan nyaman saat libur kemerdekaan nanti,” ungkapnya.

Lebih lanjut pemerintah telah membentuk Panitia Pelaksana Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022.

Baca Juga: Peningkatan Ekspor Diperlukan Guna Dongkrak Harga TBS Sawit

Melalui Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara Nomor B- 620/M/S/TU.00.04/07/2022, telah ditetapkan tentang tema, logo, dan partisipasi menyemarakkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI  tahun 2022.

Adapun Tema Besar Kemerdekaan RI ke-77 ialah "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat" yang berlatar belakang tantangan dan ujian sejarah Indonesia selama dua tahun yaitu pandemi COVID-19. Peristiwa itu menimbulkan kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat yang dirasakan oleh rakyat Indonesia.

“Namun di tengah keterpurukan, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan,” ucap Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca Juga: PLN Gencar Kampanye Kendaraan Listrik Demi Percepat Transisi Energi

Kata Sandiaga, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyatakan pelaksanaan upacara bendera dalam rangka HUT ke-77 RI akan digelar secara terbuka di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Istana membuka kuota sekitar 2.000  yang dapat hadir untuk upacara pengibaran bendera, kemudian sekitar dua-tiga ribu orang warga dapat hadir di Istana Merdeka pada upacara penurunan bendera di sore hari.

“Dalam menyambut kemerdekaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga telah meresmikan LED tertinggi di Jakarta. LED inilah yang pertama menampilkan logo kemerdekaan Indonesia ke-77,” kata Menparekraf.

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Magelang Kembangkan Paket Wisata Mobil VW

Senin, 15 Agustus 2022 | 08:57 WIB
X