Akademisi Nilai BUMN Masuk Fortune 100 Bukti Keberhasilan Transformasi

- Senin, 15 Agustus 2022 | 11:34 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) berbincang dengan Presiden Joko Widodo di sela kegiatan peresmian proyek strategis nasional Terminal Kijing di Mempawah,
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) berbincang dengan Presiden Joko Widodo di sela kegiatan peresmian proyek strategis nasional Terminal Kijing di Mempawah,

Floreseditorial.com - Akademisi sekaligus Dosen Ekonomi Politik Internasional, Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada (UGM) Poppy Sulistyaning Winanti menilai masuknya 20 BUMN dalam Fortune Indonesia 100 membuktikan keberhasilan transformasi di perusahaan pelat merah.

"Dengan masuknya BUMN di Fortune Indonesia 100 maupun Fortune Global 500 tak dipungkiri karena keberhasilan dalam menjalankan transformasi BUMN," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Transformasi BUMN yang dilakukan oleh Erick Thohir misalnya penerapan Good Corporate Governance (GCG) di perusahaan BUMN. Hal itu juga menandakan transformasi BUMN berjalan sesuai rencana dan mendapat apresiasi dari lembaga internasional.

Baca Juga: Salah Sendiri, Ternyata Ini Alasan Pastor Tunda Pernikahan Sepasang Pengantin Asal Atambua, Simak Baik-Baik!

Sebagaimana diketahui, selain 20 BUMN masuk dalam Fortune Indonesia 100 sebagai perusahaan yang membukukan pendapatan terbesar di Indonesia untuk satu tahun fiskal, Pertamina juga masuk ke dalam Fortune Global 500 sebagai perusahaan yang memiliki pendapatan terbesar untuk satu tahun fiskal.

Perusahaan yang masuk ke dalam Fortune Global 500 dan Fortune Indonesia 100 harus melalui tahapan asesmen ketat. Oleh karena itu, hasil yang dikeluarkan Fortune memiliki objektivitas yang tinggi dalam menilai kinerja suatu perusahaan.

"Terlepas dari berbagai keterbatasan, kendala dan persoalan yang saat ini dihadapi perusahaan BUMN, namun masuknya BUMN ke Fortune Indonesia 100 dan Fortune Global 500 membuktikan kinerja BUMN ada peningkatan yang signifikan," kata Poppy.

Baca Juga: Ini 24 Parpol yang Lolos ke Tahap Verifikasi Calon Peserta Pemilu 2024, Cari Tahu yuk!

Masuknya beberapa perusahaan BUMN di Fortune Indonesia 100 dan Fortune Global 500 harus menjadi motivasi bagi BUMN lain untuk dapat masuk ke jajaran perusahaan yang memiliki pendapatan besar.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengacara Lukas Enembe Disomasi Gubernur Papua Barat

Selasa, 27 September 2022 | 14:10 WIB

Berikut Cara Mudah Daftar Jadi Guru ASN PPPK 2022

Selasa, 27 September 2022 | 10:14 WIB

Pelaku Pembobol ATM Diringkus Polres Sukabumi

Selasa, 27 September 2022 | 08:00 WIB

Fosil Asli Gajah Mada Ada di NTT, ini Alamat Lengkapnya

Selasa, 27 September 2022 | 06:08 WIB
X