Pupuk Indonesia Dukung Pengembalian Ekologis Lahan Bekas Tambang

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:38 WIB
Upaya pengembalian fungsi ekologis lahan bekas tambang pada pada program Parade Penghijauan di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat
Upaya pengembalian fungsi ekologis lahan bekas tambang pada pada program Parade Penghijauan di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat

Floreseditorial.com - PT Pupuk Indonesia (Persero) mendukung upaya pengembalian fungsi ekologis lahan bekas tambang pada pada program Parade Penghijauan di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung, melalui penanaman kembali berbagai tanaman termasuk budi daya pertanian.

Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia Gusrizal dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa, menyampaikan Pupuk Indonesia sangat mendukung program reklamasi lahan tambang, khususnya tambang bijih timah yang selanjutnya dimanfaatkan untuk penghijauan maupun budi daya tanaman pertanian.

"Program ini memiliki manfaat tidak hanya menjadikan lahan bekas tambang kembali lestari, tapi juga produktif untuk pertanian sehingga mampu mendukung ketahanan pangan nasional," kata Gusrizal.

Baca Juga: Penumpang KA Jarak Jauh Belum Divaksin Booster Wajib Tes PCR

Untuk membantu kesuburan tanaman yang ditanam di lahan bekas tambang akan diaplikasikan pupuk Kapur Pertanian Kebomas, Petroganik Premium, Phonska Plus dan Urea Petro.

Program ini rencananya akan digelar pada enam kecamatan di Kabupaten Bangka Barat, termasuk di Muntok yang rencananya akan ditanami sekitar 600 pohon.

Dukungan terhadap pengembalian fungsi ekologis lahan bekas tambang juga diwujudkan Pupuk Indonesia melalui kegiatan tanam perdana demonstration plot (demplot) tanaman cabai pada lahan bekas tambang di Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka melalui program PT Pupuk Indonesia Menyapa Petani.

Baca Juga: Industri Pos China Catat Pertumbuhan Stabil Tujuh Bulan Pertama 2022

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSBK siap Tangkap Peluang Bisnis Properti di IKN

Jumat, 4 November 2022 | 14:57 WIB
X