Semangat Pemkab Bangka Pulihkan Ekonomi Masyarakat

- Sabtu, 3 September 2022 | 10:58 WIB
Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung
Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung

Floreseditorial.com - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, mengintensifkan semangat gerakan pemulihan ekonomi di berbagai sektor strategis, seperti UMKM, pariwisata, pertanian, perkebunan serta sektor unggulan lain.

Hal itu dilakukan dengan memperkuat kompetensi usaha yang dikembangkan langsung oleh masyarakat serta memperkuat komunikasi lintas kelembagaan keuangan dan swasta.

Pemulihan ekonomi masyarakat setelah pandemi COVID-19 adalah hal pokok yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah bersama masyarakat dan peran swasta.

Baca Juga: Pemerintah Pastikan Stok Beras Dan Pangan Aman Hingga Akhir Tahun

Dalam mewujudkan rencana itu, Pemkab Bangka menggandeng lembaga keuangan, seperti Bank Sumsel Babel untuk membantu menggerakkan perekonomian masyarakat dengan mengucurkan dana kredit usaha rakyat (KUR).

Debitur diutamakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan suku bunga subsidi dari Pemkab Bangka yang mencapai total Rp600 juta.

Selain mendapat pinjaman permodalan usaha tanpa bunga, pemerintah daerah juga memberikan ruang pemasaran, seperti melalui pameran usaha kreatif Bangka Expo 2022 yang melibatkan pelaku UMKM dan IKM dari kecamatan.

Baca Juga: Ryu Su-jeong Lovelyz Resmi Dirikan Label Sendiri

Bangka Expo 2022 yang dipusatkan di kawasan perkantoran Pemkab Bangka digelar pada 20-23 Juli 2022, dengan menyediakan 117 stan untuk pelaku UMKM dari 62 desa, 12 desa wisata, swasta, BUMD, IKM serta UMKM.

Selain itu, membuka digelar pasar tani yang diselenggarakan setiap hari Jumat di area kantor Dinas Pangan dan Pertanian Pemkab Bangka.

Pasar Tani tersebut dianggap cukup efektif karena petani dapat langsung menjual hasil panen dan masyarakat bisa mendapatkan bahan kebutuhan dengan harga murah dan terjaga kualitasnya. Konsumen dapat membeli berbagai jenis kebutuhan komoditi pertanian, seperti sayur mayur, daging, telur, buah-buahan serta berbagai jenis bahan kebutuhan pangan lain, dengan harga relatif murah dan kualitas terjaga.

Pasar Tani “Bangka Setara” itu merupakan salah satu langkah strategi pemerintah daerah dalam mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat setelah terdampak sebaran COVID-19.

Pertanian menjadi salah satu sektor unggulan yang dikembangkan secara berkelanjutan karena diketahui pemenuhan kebutuhan bahan pangan masyarakat sebagian besar masih dipasok dari daerah luar Pulau Bangka.

Bangka Expo dikemas sebagai kegiatan pemasaran produk wisata dalam dan luar negeri, daya tarik objek wisata dan kawasan objek pariwisata

Agenda tahunan pariwisata itu juga sebagai upaya strategis mendukung pemulihan ekonomi nasional dan membangkitkan sektor riil yang bersentuhan langsung dengan pelaku ekonomi kreatif, sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Semua itu dalam rangka membangun ekonomi kerakyatan masa depan melalui penciptaan produk berupa barang dan jasa inovatif, desa wisata dan membangun kecintaan produk Indonesia.

Pada sektor perkebunan kelapa sawit, Pemerintah Kabupaten Bangka mengusulkan peremajaan kebun kelapa sawit rakyat seluas 500 hektare melalui dana hibah sebesar Rp30 juta per hektare.

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X