KBRI Tokyo Promosikan Cangkang Sawit Indonesia di Jepang

- Rabu, 28 September 2022 | 15:58 WIB
KBRI Tokyo Promosikan Cangkang Sawit Indonesia di Jepang
KBRI Tokyo Promosikan Cangkang Sawit Indonesia di Jepang

Floreseditorial.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo mempromosikan cangkang sawit dari Indonesia sebagai pemasok utama bahan baku bahan bakar industri biomassa Jepang.

"Saya sambut baik penandatanganan kerja sama ekspor cangkang sawit Indonesia ke Jepang, dengan total nilai transaksi mencapai 138 juta dolar AS," kata Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi pada kegiatan "Business Meeting on Indonesia’s Sustainable Palm Kernel Shell" di Tokyo pada Senin (26/9) sebagaimana keterangan yang diterima Antara, Rabu.

Kegiatan forum bisnis biomassa tersebut diselenggarakan kolaborasi KBRI Tokyo, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, ITPC Osaka dan Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit Indonesia (APCASI).

Baca Juga: Objek Wisata Air Panas Soa, Pesona Tersembunyi di Kabupaten Ngada

"Selanjutnya saya harapkan kerja sama ini tidak hanya terbatas pada ekspor – impor, tetapi juga diarahkan untuk meningkatkan nilai tambah komoditi cangkang sawit Indonesia”, ungkap Heri.

Data Kementerian Perdagangan menunjukan dalam 5 tahun terakhir, tren ekspor komoditi cangkang sawit Indonesia ke Jepang meningkat 48,66 persen dengan nilai ekspor per Januari – Juli 2022 tercatat 207,5 juta dolar AS.

Hal tersebut menunjukan semakin tingginya permintaan cangkang sawit Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sebanyak kurang lebih 97 Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) milik Jepang.

Baca Juga: 5 Kuliner Super Ekstrem Indonesia yang Wajib Kamu Coba Mimimal Sekali Seumur Hidup

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana dalam acara yang sama menekankan berbagai upaya percepatan pencapaian target netralitas karbon Indonesia pada 2060.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSBK siap Tangkap Peluang Bisnis Properti di IKN

Jumat, 4 November 2022 | 14:57 WIB
X