Digitalisasi Solusi Turunkan Biaya Logistik Pengiriman Antarkota

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:36 WIB
Pelabuhan Batu Ampar
Pelabuhan Batu Ampar

Floreseditorial.com - Digitalisasi diyakini menjadi salah satu solusi untuk menurunkan biaya pengiriman antarkota yang dinilai masih tinggi dan membebani pelaku industri logistik.

Managing Director Lalamove Indonesia Andi M Rizki mengatakan biaya logistik di Indonesia masih tergolong tinggi jika dibandingkan dengan negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) lain.

Hal itu, lanjutnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, dapat dilihat dari kontribusi logistik terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) masih di atas 20 persen.

Baca Juga: Pemkab Raja Ampat Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Produk UMKM

"Biaya tinggi ini disebabkan banyak faktor, salah satunya tahapan panjang dan perencanaan yang complicated dalam pengiriman barang. Kami melihat problem ini dapat dibantu dengan inovasi teknologi pada pengiriman," ujarnya.

Oleh karena itu, tambahnya, pihaknya menerapkan teknologi pengiriman yang dapat memangkas proses administrasi dan operasional sehingga lebih simpel, cepat dan hemat.

Menurut dia, integrasi antara teknologi dengan logistik menjadi sangat penting dalam mengefisiensikan biaya logistik lebih rendah bagi pelaku usaha.

Baca Juga: Bharada E Siap Hadapi Sambo di Persidangan

Sebagian besar proses pengiriman antarkota yang menggunakan truk dilakukan secara manual, tambahnya, saat ini, sekitar 80 persen armada truk di Indonesia dioperasikan operator yang belum tersentuh teknologi.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X