Presiden Jokowi Harap Produktivitas dan Kualitas Tebu Meningkat

- Jumat, 4 November 2022 | 15:04 WIB
Presiden Jokowi Harap Produktivitas dan Kualitas Tebu Meningkat
Presiden Jokowi Harap Produktivitas dan Kualitas Tebu Meningkat

Floreseditorial.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan produktivitas dan kualitas tebu meningkat dengan adanya program produksi bioetanol dari tanaman tersebut di Mojokerto, Jawa Timur.

"Kita telah memulai menanam tebu yang ditanam secara modern dan kita harapkan nanti produktivitas dari tanaman itu menjadi lebih baik dan lebih meningkat," kata Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis Biro Pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta, Jumat.

Presiden dalam kesempatan tersebut meresmikan program "Bioetanol Tebu untuk Ketahanan Energi" yang digelar di pabrik bioetanol PT. Energi Agro Nusantara (Enero) di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Baca Juga: BSBK siap Tangkap Peluang Bisnis Properti di IKN

Tebu selama ini dikenal sebagai bahan baku untuk produksi gula. Namun, tebu yang diproduksi dengan teknik fermentasi juga dapat menghasilkan bioetanol, yang dapat dipergunakan sebagai bahan bakar.

Menurut Presiden, Indonesia pernah menjadi eksportir gula pada 1800-an. Namun, saat ini Indonesia harus mengimpor gula dengan jumlah yang sangat besar untuk kebutuhan konsumsi maupun industri dalam negeri.

Oleh sebab itu, Presiden menginstruksikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk meningkatkan kualitas bibit tebu dengan varietas yang terbaik di dunia.

Baca Juga: Rafi Sudirman buat Jurnal Cinta Versi Musik Bertajuk EP 'Endlessly'

"Kita bekerja sama dengan Brazil untuk ini dan sudah memiliki pengalaman yang baik dalam manajemen mengenai tebu dan pergulaan," kata dia.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X