Ekososbud

Senin, 24 Juni 2019 - 09:27 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Sejumlah relawan bersama Ani's Fundation saat membersihkan sampah plastik di Pantai Cepi Watu (Foto: TeamYPF/Andre Kornasen)

Sejumlah relawan bersama Ani's Fundation saat membersihkan sampah plastik di Pantai Cepi Watu (Foto: TeamYPF/Andre Kornasen)

Selamatkan Pantai Cepi Watu Dari Sampah Plastik

Floreseditorial.com, Borong – “Jangan biarkan laut kita semakin tercemar oleh sampah-sampah plastik. Sudah saatnya bijak dalam menggunakan plastik sekali pakai untuk menjaga kelestarian laut.”

Demikian disampaikan ketua Ani’s Fundation saat bekerja sama dengan puluhan relawan mengadakan kegiatan membersihkan pantai dari sampah plastik yang berlokasi di pantai Cepi Watu – Borong, kabupaten Manggarai Timur.

Sebagai wujud dari kepedulian terhadap lingkungan terutama daerah pantai yang merupakan salah satu sumber daya tarik wisata di Borong, Ani’s Foundation mengadakan kegiatan Bersih-bersih pantai Cepi Watu yang berlangsung pada Minggu (25/06).

“Pantai yang bersih akan memperlancar nelayan saat melaut dan meningkatkan hasil tangkapan ikan sebagai sumber mata pencaharian mereka,” kata ketua Ani’s Fundation Maria Oktaviani Simonita Budjen (KomodAni).

Selain itu pantai yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi wisatawan, mencegah penyakit & limbah yang bisa mempengaruhi populasi habitat di lautan.

“Mari mulai cintai Pantai kita dengan tidak menambah sampah plastik,” katanya.

Ia berujar bahwa keberadaan sampah di laut khususnya yang terbuat dari plastik pada akhirnya akan membahayakan kesehatan manusia. Sebab, sampah tersebut akan dimakan secara langsung oleh ikan-ikan yang menjadi santapan manusia.

“Plastik yang berupa bekas botol, kantong, dan kemasan yang lama-kelamaan menjadi mikroplastik (debris) sangat berbahaya jika termakan oleh ikan-ikan yang kemudian dikonsumsi manusia,” katanya.

Selain itu, katanya lebih lanjut, sampah plastik juga menyebabkan pencemaran, sampah plastik yang tidak bisa terurai bisa mengakibatkan penurunan kualitas perairan, kerusakan ekosistem laut, lambatnya pertumbuhan ikan, dan kerugian ekonomi bagi nelayan serta masyarakat yang bermatapencaharian di sektor pesisir.

Pantauan media ini saat kegiatan tersebut berlangsung, sampah plastik yang mendominasi di pantai Cepi Watu berupa bekas botol air mineral, kantung plastik, dan bekas bungkusan makanan ringan.

Usai membersihkan pantai, mereka menitipkan beberapa karung sebagai tempat penampung sampah pada petugas pantai.

Karung – karung tersebut nantinya diharapkan dapat digunakan untuk membuang sampah saat pengunjung datang ke pantai Cepi Watu.

Laporan : Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 466 kali

Vidio Populer
Baca Lainnya
x