Ekososbud

Jumat, 18 Oktober 2019 - 17:06 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Ribuan umat Katolik di Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai ikut dalam kegiatan Safari Rosario (Foto: TeamYPF/Adrianus Paju)

Ribuan umat Katolik di Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai ikut dalam kegiatan Safari Rosario (Foto: TeamYPF/Adrianus Paju)

Semarak Safari Rosario di Ruteng

Floreseditorial.com, Ruteng – Ribuan umat Katolik di Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai ikut dalam kegiatan Safari Rosario, Jumat (18/10/2019) sore.

Terpantau, ribuan umat ini melakukan long march pada beberapa jalur utama di Kota Ruteng. Rute long march yakni, dari Gereja Paroki Cewonikit- depan Kantor Bupati Manggarai dan berakhir di Gereja Katedral Ruteng.

Ribuan umat datang dengan menggunakan busana adat Manggarai. Mereka mengarakan patung Bunda Maria menuju Gereja Katedral Ruteng sambil berdoa rosario.

Walau Kota Ruteng sempat diguyur hujan lebat, namun tidak mengurungkan niat ribuan umat untuk datang berbondong-bondong mengikuti kegiatan Safari Rosario yang penuh khusyuk tersebut.

Sesampai di gereja katedral yang beralamat di Jalan Pelita Nomor 6, Kelurahan Bangka Nekang, Kecamatan Langke Rembong itu, ribuan umat langsung mengikuti misa kudus. Misa itu dipimping langsung oleh Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng, Mgr. Silvester San.

Koordinator kegiatan Pastor Kristianus Jumi Ngampu, SMM mengatakan, acara tersebut dikenal dengan nama Safari Rosario Santa Perawan Maria.

Menurut dia, kegiatan ini diselenggarakan oleh Komunitas Novisiat Serikat Maria Montfortan (SMM), bekerja sama dengan Komisi KKI Keuskupan Ruteng, para Suster Putri-putri kebijaksanaan, Suster Katekis, Suster FMVI, umat KBG St. Montfort dan KBG Nazaret, Kegiatan Maria, Sahabat Kebijaksanaan, dan Kerabat St. Montfort.

Menurut Pastor Kristianus, kegiatan Safari Rosario di Kota Ruteng sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 lalu. 

Pada waktu itu, kata dia, kegiatan Safari Rosario dilantik dalam rangka memperingati 300 tahun wafatnya St. Louis Marie de Montfort, pendiri Kongregasi Serikat Maria Montfortan, Suster Putri- Putri kebijaksanaan dan Bruder St. Gabriel.

Ia menjelaskan, kegiatan Safari Rosario bertujuan untuk berdoa bersama Bunda Maria, memuji dan memuliakan Allah yang penuh belas kasih kepada manusia. 

Kemudian, menghormati Santa Perawan Maria sebagai Bunda Allah dan Gereja. 

Tujuan lain yakni agar umat makin bertumbuh dalam  kekudusan dengan menghayati janji-janji pembaptisan.

“Kegiatan ini melibatkan semua umat Katolik. Tahun ini temanya Bunda Maria Ratu Misioner,” ujar Pastor Kristianus, Jumat sore.

Dikatakan, tema tersebut diangkat untuk menanggapi seruan Paus Fransiskus yang telah menetapkan bulan Oktober 2019 sebagai Bulan Misioner  Luar Biasa.

Ia berharap, dengan kegiatan Safari Rosario ini juga menyadarkan umat akan tugas sebagai pewarta kabar gembira Injil di tengah dunia.

Laporan : Adrianus Paju

Artikel ini telah dibaca 1618 kali

Baca Lainnya
x