Ende

Jumat, 27 Maret 2020 - 22:48 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Ahmad Djafar (Foto:TeamYPF/Rian Laka)

Ahmad Djafar (Foto:TeamYPF/Rian Laka)

Atasi Masalah Corona, Pemkab Ende Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas

Floreseditorial.com, Ende – Demi menanggulangi wabah Covid – 19 di Kabupaten Ende, Pemkab Ende akan memangkas Anggaran Perjalanan Dinas seluruh OPD di Kabupaten Ende.

Hal ini diungkapkan Bupati Ende Ahmad Djafar saat ditemui awak media di depan kantor Bupati Kabupaten Ende Pada Jumat, (27/3/20).

Dikatakannya, pemangkasan anggaran perjalanan dinas yang diambil dari setiap OPD dilakukan guna untuk menopang kebutuhan pencegahan bahaya wabah Covid-19 di Kabupaten Ende.

Djafar menuturkan, solusi ini merupakan langkah antisipasi pemerintah daerah kabupaten Ende dalam membiayai segala urusan pencegahan bahaya Covid-19 di Daerah Kabupaten Ende.

Menurutnya, Pemerintah akan melakukan pergeseran anggaran tahun 2020, yang nantinya akan diajukan dan dibahas di DPRD Ende. Tujuannya, untuk mengantisipasi pembiayaan terhadap pencegahan terhadap bahaya Virus Covid-19.

Bupati Djafar mencontohkan, pemangkasan anggaran perjalanan Dinas Perhubungan, untuk membiayai kebutuhan – kebutuhan pencegahan Covid-19 diarea tugas Perhubungan, seperti, terminal, tempat parkir dan lainnya.

Selain itu, menurut Djafar, anggaran perjalanan dinas RSUD Ende juga dipangkas untuk membiayai kekurangan-kekurangan kebutuhan medis, seperti APD dan lain-lain.

Ia menyebutkan, anggaran pencegahan di setiap puskesmas, menjadi tugasnya Dinkes dan di area Pelabuhan itu tugas Kantor kesyahbandaraan dan otoritas pelabuhan. Kemudian, anggaran pencegahan di area Bandara, menjadi tugasnya Bandara Ende.

“Sedangkan SKPD lainnya akan disesuaikan dan ditugaskan berdasarkan dengan area tugasnya masing-masing dalam rangka pencegahan Covid-19”, tandasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Ende Fransiskus Taso menjelaskan bahwa DPRD akan mendukung penuh Pemerintah Daerah Kabupaten Ende, dalam menangani bahaya wabah Covid-19 di Kabupaten Ende.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Ende telah mengambil langkah antisipasi dalam penanganan, pencegahan dan pengawasan melawan wabah Virus Corona di Kabupaten Ende,” kata ketua DPRD.

Pada pergeseran anggaran tahun 2020, DPRD Ende akan melakukan rapat koordinasi bersama dengan tim anggaran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ende, untuk mengantisipasi masalah ini.

“Soal angka, kami pun belum tahu tetapi secara kebijakan anggaran wajib hukumnya untuk mendukung penuh langkah antisipasi dari Pemda Ende”, tandasnya.

Laporan : Rian Laka

Artikel ini telah dibaca 635 kali

Baca Lainnya
x