Omar Dani Ungkap Keterlibatan CIA dan Badan Intelijen AS dalam G30S PKI

- Kamis, 29 September 2022 | 10:12 WIB
Omar Dani Ungkap Keterlibatan CIA dan Badan Intelijen AS dalam G30S PKI
Omar Dani Ungkap Keterlibatan CIA dan Badan Intelijen AS dalam G30S PKI

Floreseditorial.com - Omar Dani adalah Kepala Staf TNI Angkatan Udara ke-2 yang menjabat pada periode 1962-1965. Ia merupakan putra dari KRT Reksonegoro, Asisten Wedana Gondangwinangun, Klaten.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Omar Dani ini merupakan salah satu orang yang disebut sebagai pelaku utama G30S PKI atau Gerakan 30 September PKI (Gestok).

Daned-sapaannya membeberkan keterlibatan CIA atau badan intelijen Amerika Serikat dalam G30S PKI atau Gestok.

Baca Juga: Audisi Indonesia Idol 2022 Wilayah Flores Akan Berlangsung di Ruteng, Begini Cara Mengikuti Audisi

Dia menjelaskan, pada pukul 16.00, 30 September 1965, laporan pertama masuk dari Asisten Direktur Intel AURI Letkol Heru Atmodjo, bahwa ada gerakan di lingkungan AD yang akan menjemput Jenderal AD untuk dihadapkan kepada Soekarno.

“Itu reaksi dari para perwira muda AD yang tidak puas terhadap keadaan AD. Lalu saya minta dia untuk mengecek kebenarannya. Kemudian pukul 20.00 malam dia datang lagi,” katanya ketika diwawancarai 25 Januari 2021 silam dikutip dari Datatempo.

Dia mengaku bertanya kepada Letkol Heru, jam berapa operasi akan dilaksanakan. Heru menjawab, operasi bisa terjadi pada pukul 23.00, 01.00 atau 04.00.

Baca Juga: Masako Hadirkan Varian Anyar Diklaim Lebih Rendah Garam

“Kami heran, sudah lebih dari 24 jam kok (operasi) itu belum dipastikan waktunya. Kemudian ada yang menanyakan daftar yang akan diculik, disebutkan Ahmad Yani, Nasution, D.I. Panjaitan dan seterusnya,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X