Gaya Hidup

Sabtu, 20 Juli 2019 - 09:51 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Menggunakan peralatan seadanya, wartawan di Manggarai Timur membersihkan sampah di kali Wae Bobo (Foto: TeamYPF/Yopie Moon)

Menggunakan peralatan seadanya, wartawan di Manggarai Timur membersihkan sampah di kali Wae Bobo (Foto: TeamYPF/Yopie Moon)

Sampah yang Diangkut dari Kali Wae Bobo Kebanyakan Pampers Dewasa

Floreseditorial.com, Borong – Sampah yang diangkut oleh anggota PWMT (Persatuan Wartawan Manggarai Timur), dari Kali Wae Bobo, Kecamatan Borong, Manggarai Timur, Jumat (19/7) kebanyakan Pampers milik orang dewasa.

Selain itu, Mayoritas sampah yang terdapat di bantaran sungai Wae Bobo adalah Sampah Plastik dan bangkai hewan.

Ketua Persatuan Wartawan Manggarai Timur Albert Harianto mengatakan aksi bersih-bersih yang melibatkan puluhan jurnalis di kabupaten Manggarai Timur dengan peralatan seadanya itu berhasil mengangkut lebih dari 10 karung sampah.

“Sekitar setengah ton, paling banyak sampah Pampers Dewasa. Memang kita lebih prioritaskan sampah plastik karena kalau kita lihat sampah plastik susah bisa terurai,” ungkap Alebert, Jumat (20/7).

Menurut Albert, banyaknya sampah yang ditemukan di Kali Wae Bobo berasal dari masyarakat sekitar.

Selain itu juga sampah-sampah tersebut juga terbawa arus hingga akhirnya berujung di Wae Bobo

“Ada dari beberapa masyarakat sekitar pesisir, kemudian ada juga hanyut karena kita kan muara, ujungnya dari kali langsung di muara Wae Bobo” katanya.

Sementara itu sebagai langkah antisipasi, pihaknya ingin menggugah ataupun memberi kesadaran serta motivasi dengan cara melibatkan masyarakat untuk ikut ambil bagian membersihkan Kali Wae Bobo.

“Tentu kita akan laksanakan kegiatan kerjasama dengan instansi dan mungkin ada aturan khusus yang mengatur agar kesadaran masyarakat semakin meningkat bagaimana buang sampah sesuai kategori dan pada tempatnya,” ucapnya.

Laporan : Yopie Moon

Artikel ini telah dibaca 248 kali

Vidio Populer
Baca Lainnya