Floreseditorial.com – Pos Silawan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/SBH, Koptu Anang mengajar anak-anak SD Inpres Halimuti, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi NTT, Senin (8/04/2019).

Anggota TNI tersebut mengajarkan kepada anak-anak cara membaca, menulis dan berhitung. Mereka mengajar layaknya seorang guru. Stephan, salah satu siswa kelas 3 menuturkan, ia sangat senang diajar oleh bapak tentara tentang cara membaca dan berhitung. Siswa juga senang karena saat mengajar diselingi dengan bernyanyi dan bermain sehingga lebih gembira

Baca:  Basarnas Maumere Siaga SAR Amankan Prosesi Semana Santa

“Saya sangat senang diajar sama pak tentara karena tidak pernah marah kepada kami,” kata Stephan.

Koordinator SD inpres Halimuti, Mathius menyampaikan terima kasih kepada Satgas Pamtas RI-RDTL khususnya Pos Silawan yang telah membantu mengajar anak-anak didiknya di sekolah.

“Kami sangat bangga dengan kehadiran TNI di perbatasan yang memiliki banyak kemampuan sehingga bisa mengambil hati anak-anak kami,” ungkap mathius.

Baca:  Basarnas Maumere Siaga SAR Amankan Prosesi Semana Santa

Menurut mathius, SD inpres Halimuti merupakan Sekolah Dasar dengan jumlah murid 73 orang dari kelas 1 sampai kelas 6.

Sekolah tersebut sangat membutuhkan perhatian pemerintah khususnya sarana dan prasarana. Dinding bangunan masih terbuat dari pelepah pohon dan atapnya terbuat dari daun. Fasilitas ruangan kelas yang tidak memadai serta papan tulis terbuat dari triplex bekas.

Danpos Silawan, Letda Inf Suryono mengatakan, Satgas Pamtas RI-RDTL Pos Silawan selalu mengambil bagian dalam membantu mengajar dan melatih siswa SD Halimuti seperti melatih upacara hari senin, mengajar membaca, menulis dan berhitung.
Menurut Suryono, di Pos Silawan ada dua tenaga pendidik yang terlatih yaitu, Koptu Anang dan Kopda Hatono.

Baca:  Basarnas Maumere Siaga SAR Amankan Prosesi Semana Santa

Anggota satgas pos silawan selalu siap membantu masyarakat desa silawan mulai dari bidang pendidikan, perkebunan, gotong royong dan kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Laporan : Wahyu