• Jumat, 1 Juli 2022

Waspada Dampak Buruk Kegemukan

- Kamis, 28 April 2022 | 06:00 WIB
Badan gemuk
Badan gemuk


Floreseditorial.com - Tidak hanya mudah mengalami kelelahan, orang yang memiliki badan terlalu gemuk juga rentan terkena penyakit berbahaya. Oleh karena itu, jika Anda terlalu gemuk atau mengalami obesitas, usahakan untuk menurunkan berat berat badan demi kesehatan tubuh Anda.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab obesitas, mulai dari faktor genetik hingga pola makan tidak sehat, seperti stress eating. Seseorang dikatakan terlalu gemuk atau obesitas jika memiliki indeks masa tubuh (IMT) di atas 30. Indeks massa tubuh ini dapat dihitung dengan cara membagi berat badan dalam satuan kilogram dengan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat.

Bahaya Badan Terlalu Gemuk


Bagi yang memiliki badan gemuk, keluhan pertama yang mungkin dirasakan adalah mudah mengalami kelelahan. Pasalnya, beban tubuh yang harus dibawa orang bertubuh gemuk pasti lebih besar, sehingga tubuhnya dipaksa bekerja lebih keras ketika sedang beraktivitas.

Beban tubuh yang berlebih juga bisa memberikan tekanan yang lebih besar pada persendian, sehingga orang yang terlalu gemuk lebih mudah mengalami nyeri sendi atau pegal-pegal.

Tidak hanya itu, ada banyak gangguan kesehatan yang juga mengintai akibat badan terlalu gemuk, antara lain:

Baca Juga: Terkait Larangan Ekspor Minyak Goreng, Presiden Minta Pengusaha Jernih Menyikapi Kebijakan Larangan Itu

1. Diabetes tipe 2

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan resitensi insulin, sehingga membuat kadar gula dalam darah meningkat. Jika ini sampai terjadi, Anda berisiko untuk terkena peyakit diabetes tipe 2.

Halaman:

Editor: Aris Yudhivan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Kenali Perbedaan DBD, Tifus Dan malaria

Kamis, 30 Juni 2022 | 18:52 WIB

Ini Bahaya Nasi Goreng Bagi Kesehatan

Kamis, 23 Juni 2022 | 20:55 WIB
X