• Sabtu, 28 Mei 2022

Ketahui Dampak Konsumsi Ayam Broiler untuk Kesehatan

- Kamis, 12 Mei 2022 | 06:30 WIB
Ayam broiler
Ayam broiler

Floreseditorial.com - Ayam broiler merupakan salah satu jenis unggas yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, ayam broiler juga memiliki daging yang banyak.

Namun, adakah dampak mengonsumsi ayam broiler bagi kesehatan?

Berbeda dengan jenis ayam lain, ayam broiler biasanya sudah dapat disembelih ketika berusia sekitar 40 hari.

Baca Juga: Antara City dan Liverpool, Siapakah yang bakal Menjuarai Liga Inggris? 5 Pertandingan Tersisa Ini Penentuannya

Untuk mendapatkan berat badan ayam yang ideal, asupan makanan ayam broiler harus difokuskan pada pemberian nutrisi protein yang dipadukan dengan sistem pencahayaan buatan.

Walau sistem pemeliharaan ayam broiler telah dilakukan secara ketat, tetapi terkadang konsumsi ayam broiler dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan, terlebih jika ayam tersebut tidak diolah dengan higienis.

Ayam di pasaran, termasuk ayam broiler, kemungkinan mengandung bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

Sebuah penelitian mengenai kelayakan daging ayam yang beredar di pasaran menemukan bahwa setidaknya ada 6 jenis bakteri dalam ayam broiler, yaitu:

Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi bila mengonsumsi ayam, termasuk ayam broiler, yang telah terkontaminasi bakteri:

Halaman:

Editor: Aris Yudhivan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X