• Sabtu, 28 Mei 2022

Pentingnya Deteksi Dini, Penyakit Thalasemia Belum Bisa Disembuhkan, Mari Disimak

- Jumat, 13 Mei 2022 | 08:39 WIB
Pentingnya Deteksi Dini, Penyakit Thalasemia Belum Bisa Disembuhkan, Mari Disimak
Pentingnya Deteksi Dini, Penyakit Thalasemia Belum Bisa Disembuhkan, Mari Disimak


Floreseditorial.com - Thalasemia atau talasemia adalah penyakit keturunan (kelainan genetik), yang disebabkan kelainan sel darah merah dan penyakit ini belum bisa disembuhkan.

Penyakit ini membuat penderitanya harus melakukan transfusi darah seumur hidup.

Plt. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes, mengatakan penyakit thalasemia dapat dicegah dengan deteksi dini.

Menurut dia, tujuan deteksi dini thalasemia adalah untuk mengidentifikasi pembawa sifat talasemia agar tidak terjadi perkawinan sesama pembawa sifat. Pasalnya, talasemia dapat diturunkan dari perkawinan antara dua orang pembawa sifat.

Seorang pembawa sifat atau gen talasemia akan tampak sehat atau tidak bergejala. Sebab, penyakit tersebut hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan darah serta analisis hemoglobin.

Adapun untuk mengetahui apakah seorang mengalami penyakit thalasemia, dapat dilakukan melalui pemeriksaan riwayat penyakit keluarga yang anemia.

Selanjutnya, ciri lain orang dengan penyakit thalasemia ini, wajah tampak terlihat pucat, lemas, memiliki riwayat transfusi darah berulang.

Secara klinis, ada tiga jenis penyakit thalasemia, yakni penyakit talasemia mayor, talasemia intermedia, dan talasemia minor (trait) atau pembawa sifat.


* Pasien thalasemia mayor memerlukan transfusi darah secara rutin seumur hidup, sebanyak 2 hingga 4 minggu sekali. Berdasarkan hasil penelitian Eijkman tahun 2012, diperkirakan angka kelahiran bayi dengan talasemia mayor mencapai 20 persen atau 2.500 anak dari total populasi.

Halaman:

Editor: Aris Yudhivan

Sumber: Kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X