• Minggu, 26 Juni 2022

Ketahuilah Beberapa Penyebab Ambeien, Salah Satunya Karena Olahraga!

- Minggu, 22 Mei 2022 | 05:00 WIB
Ketahuilah penyebab ambeien
Ketahuilah penyebab ambeien

Floreseditorial.com - wasir atau dikenal dengan istilah ambeien nyatanya masih banyak dialami masyarakat. Namun saat ini pengobatan wasir sudah beragam, salah satunya memakai ultrasonic dan radio frequency.

Wasir atau bahasa medisnya hemoroid merupakan pembengkakan atau pembesaran dari pembuluh darah di usus besar bagian akhir (rektum), serta dubur atau anus.

Wasir bisa menyerang segala usia, namun umumnya lebih sering dialami pada usia dewasa.

Baca Juga: 52 Pendemo Sempat Diamankan di DPR Dipulangkan, 26 Orang Masih Diperiksa

Penderitanya tak akan merasa nyaman dan sering mengalami rasa gatal pada anus. Tak jarang, banyak kasus disertai munculnya pendarahan lewat anus.

Gejala wasir tak hanya muncul benjolan di area luar anus. Penderitanya bisa merasa gatal atau sakit di sekitar anus. Pendarahan dari anus setelah buang air besar, serta keluarnya lendir setelah BAB.

Pemicunya juga mulai dari sering mengangkat beban berat, akibat melahirkan secara normal, dan kebiasaan duduk terlalu lama, sembelit atau diare yang berlangsung lama, olahraga yang berlebihan.

Spesialis Bedah Umum dari ST Wasir Center dr. Tony Sukentro, Sp.B mengatakan, wasir harus segera ditangani agar bahayanya tak muncul. Namun saat melakukan penanganan operasi pasien wasir, saat ini tidak perlu lagi dikhawatirkan.

"Mengatasi wasir bisa menggunakan teknik minimal invasif atau tanpa pisau bedah, kemampuan penyembuhan yang jauh lebih cepat tanpa rasa sakit akibat pengaruh operasi, luka yang minimal, dan tidak. Mempergunakan arus listrik karena mempergunakan getaran ultrasonic,” ujarnya lewat keterangan tertulis.

Halaman:

Editor: Aris Yudhivan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Bahaya Nasi Goreng Bagi Kesehatan

Kamis, 23 Juni 2022 | 20:55 WIB
X