• Jumat, 1 Juli 2022

Terkait Kasus Minyak Goreng, Ini Oknum Swasta yang Ditetapkan Sebagai Tersangka

- Rabu, 18 Mei 2022 | 20:30 WIB
Tersangka baru dugaan kasus korupsi minyak goreng Lin Che Wei. (Dok. Kejagung)
Tersangka baru dugaan kasus korupsi minyak goreng Lin Che Wei. (Dok. Kejagung)

Floreseditorial.com - Kasus dugaan korupsi pemberian izin ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan produk lain termasuk minyak goreng masih terus bergulir. Satu pihak swasta berinisial Lin Che Wei ditetapkan sebagai tersangka baru kasus tersebut.

"Yang bersangkutan merupakan pihak swasta yang diperbantukan di Kementerian Perdagangan RI," ujar Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam keterangannya, Selasa (17/5/2022) malam.

Terpisah, Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus, Supardi menyatakan Lin Che Wei diduga berperan sebagai fasilitator yang menghubungkan pejabat Kemendag untuk berkomunikasi dan melakukan korupsi dengan perusahaan sawit.

Selain itu, Lin Che Wei juga diyakini memiliki peranan dalam pengambilan keputusan dan merekomendasikan persetujuan ekspor terhadap beberapa perusahaan.

"Berdasarkan bukti-bukti juga ada dia dibayar dari beberapa perusahaan itu (perusahaan sawit)," ungkap Supardi.

Baca Juga: Terkait Kasus Fasilitas Ekspor Minyak Goreng, Kejagung Periksa Dua Saksi

Kendati begitu, Supardi belum menjelaskan lebih lanjut terkait jumlah uang yang diterima Lin Che Wei dari perusahaan sawit untuk mendapatkan kelancaran izin ekspor. Sebab, penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) masih melakukan pendalaman terhadap Lin Che Wei.

Kata Supardi, pihaknya hanya memastikan bahwa tersangka Lin Che Wei memiliki peran kuat sebagai ekonomi dan pemilik lembaga riset yang terafiliasi dengan sejumlah perusahaan sawit.

"Dimanfaatkan oleh Kemendag sebagai penghubung. Semacam konsultan juga, tapi secara formil (jabatan di Kemendag) tidak ada. Karena dia juga meng-arraign (menghadapkan) pertemuan-pertemuan dengan zoom (meeting), mempertemukan para pihak," jelasnya.

Halaman:

Editor: Aris Yudhivan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejaksaan Tahan Mantan Bupati Indragiri Hilir

Jumat, 1 Juli 2022 | 08:32 WIB

Kejagung Periksa Direktur Komersial PPI

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:08 WIB

Polri Berencana Bentuk 3 Polda Baru

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:01 WIB

Seorang Pria Ditemukan Tewas di Kontrakannya

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:42 WIB
X