KPK Panggil Wabup Blitar Saksi Kasus TPPU Pengurusan Perkara Di MA

- Senin, 4 Juli 2022 | 12:35 WIB
KPK Panggil Wabup Blitar Saksi Kasus TPPU Pengurusan Perkara Di MA
KPK Panggil Wabup Blitar Saksi Kasus TPPU Pengurusan Perkara Di MA

Floreseditorial.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin memanggil Wakil Bupati Blitar, Jawa Timur, Rahmat Santoso sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

"Pemeriksaan dilakukan di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta Selatan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Senin.

Rahmat Santoso diketahui merupakan adik ipar mantan Sekretaris MA Nurhadi.

Baca Juga: Kasus Pengeroyokan, Dua Pelaku Diringkus Polisi di Tangerang

Selain Rahmat, KPK memanggil empat saksi lainnya dalam penyidikan kasus itu, yakni Hardja Karsana Kosasih selaku advokat, Tonny Wahyudi alias Yudi Gendut selaku karyawan swasta/Komisaris PT Mulia Artha Sejati serta dua pihak swasta masing-masing Titin Mawarti dan Andrysan Sundoro Hosea.

Kasus dugaan TPPU itu merupakan pengembangan kasus suap dan gratifikasi terkait dengan perkara di MA pada tahun 2011-2016 yang sebelumnya menjerat Nurhadi bersama Rezky Herbiyono dari pihak swasta atau menantu Nurhadi dan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto.

Pada Kamis (6/1), KPK telah mengeksekusi Nurhadi dan menantunya ke Lapas Sukamiskin, Bandung. Eksekusi itu berdasarkan putusan MA RI Nomor: 4147 K/Pid.Sus/2021 tanggal 24 Desember 2021 jo putusan Pengadilan Tipikor pada PT DKI Jakarta Nomor: 12/PID.

Baca Juga: Kepergok Curi Kotak Amal Musala di Ciracas, Pria Tuna Wisma Dibekuk Polisi

SUS-TPK/2021/PT DKI tanggal 28 Juni 2021 jo Putusan Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat Nomor: 45/Pid.Sus-TPK/2020/PN.Jkt.Pst tanggal 10 Maret 2021.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Maluku Kesulitan Awasi Penambang Emas Ilegal

Rabu, 10 Agustus 2022 | 07:00 WIB
X