TNI AL Amankan Kapal Pembawa PMI Ilegal Dari Malaysia

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 06:05 WIB
Prajurit TNI AL TBA sedang melakukan pengawalan terhadap PMI ilegal dari Malaysia yang masuk ke Indonesia menuju Tanjungbalai.
Prajurit TNI AL TBA sedang melakukan pengawalan terhadap PMI ilegal dari Malaysia yang masuk ke Indonesia menuju Tanjungbalai.

Floreseditorial.com - Tim Fleet Quick Response (F1QR) TNI Angkatan Laut Pangkalan Tanjungbalai Asahan (TBA), Sumateta Utara, mengamankan KM Syaikir Jaya 2 yang mengangkut puluhan orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal dari Malaysia menuju Indonesia.

Komandan Lanal TBA, Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang, Senin, mengatakan, keberhasilan Tim F1QR Lanal TBA membongkar kasus penyelundupan PMI ilegal tersebut berkat informasi dari Tim Satgas Operasi Intelijen Maritim Lantamal I, bahwa akan ada penyelundupan PMI yang masuk dari Malaysia menuju Indonesia, tepatnya ke Tanjungbalai.

Mendapat informasi tersebut, Tim F1QR Lanal TBA langsung bergerak menuju perairan Kuala Bagan Asahan untuk penyekatan terhadap kapal yang dicurigai membawa PMI ilegal.

Baca Juga: Istri Tak Kunjung Pulang, Suami Ancam Gantung Anak Balita Pakai Kabel

Pada Senin (1/8) sekitar pukul 13.00 WIB di posisi 03°05, 380' LU 099° 55, 770' BT, Tim F1QR Lanal TBA menemukan kapal jaring ikan yakni KM.Syaikir Jaya 2, GT.17 yang sudah menjadi target sedang kego jangkar.

Saat diperiksa, didapati 19 orang laki-laki dan satu perempuan merupakan PMI ilegal, serta empat orang Anak Buah Kapal (ABK). sedangkan nakhoda kapal tersebut berinisial SR .

Komandan Lanal TBA, Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang mengatakan pihaknya lebih dulu melaksanakan pemeriksaan baik pendataan maupun barang bawaan, langkah berikutnya akan berkoordinasi dengan pihak Keimigrasian Tanjungbalai.

Baca Juga: KPK Setor Rp14,5 Miliar Uang Pengganti Juliari Batubara Ke Kas Negara

"Saat ini 20 orang PMI ilegal dibawa ke Mako Lanal untuk diidentifikasi baik nama, dokumen dan asal daerahnya. Selanjutnya diserahkan ke pihak Imgirasi. Terhadap ABK juga dilakukan pemeriksaan untuk proses selanjutnya," kata Sebayang.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Maluku Kesulitan Awasi Penambang Emas Ilegal

Rabu, 10 Agustus 2022 | 07:00 WIB
X