MAKI Apresiasi Presiden Singgung Pemberantasan Korupsi Dalam Pidatonya

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:22 WIB
Presiden Joko Widodo meneriakkan salam kebangsaan "Merdeka" saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD
Presiden Joko Widodo meneriakkan salam kebangsaan "Merdeka" saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD

Floreseditorial.com - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyinggung soal pemberantasan korupsi dalam Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

“Saya kira ini menjadi sesuatu yang memang seharusnya, karena saya kira Presiden menyadari setelah pembangunan-pembangunan yang sifatnya masif seperti jalan tol, bendungan termasuk IKN, maka harus diikuti kemudian dengan penegakan hukum, termasuk khususnya pemberantasan korupsi,” kata Koordinator MAKI kepada ANTARA saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Menurut Boyamin, Pidato Kenegaraan tahun ini berbeda dari pidato tahun-tahun sebelumnya, di mana Presiden menaruh perhatian khusus terhadap pemberantasan tindak pidana korupsi yang terus menjadi prioritas utama bagi aparat penegak hukum, kepolisian, kejaksaan dan KPK untuk terus bergerak.

Baca Juga: Bahar Smith Serukan NKRI Dan Pancasila Harga Mati Usai Sidang Vonis

Pria asal Solo itu menilai, Presiden saat ini sangat peduli dan perhatian terhadap isu pemberantasan korupsi dengan menyebut capaian penanganan korupsi yang ditangani oleh aparat penegak hukum seperti kasus mega-korupsi Asabri, Jiwasraya, Garuda hingga BLBI yang cukup lama terkatung-katung penanganannya kini mulai disita aset-aset obligatornya.

“Saya kira pidato ini menjadi pemicu penegak hukum dan juga Satgas BLBI Kemenkuham untuk mencari lebih banyak lagi aset-aset terkait BLBI,” kata Boyamin.

Di sisi lain, lanjut Boyamin, pidato Presiden menjadi pemicu bagi KPK, Kejagung dan kepolisian untuk semakin meningkatkan proses penegakan hukum pemberantasan korupsi, sekaligus pencegahan yang lebih sistemik, masif dan terukur.

Menurut dia, pencegahan korupsi selama ini hanya model “trial by error atau sekedar coba-coba. Untuk itu, melalui pidato Presiden di Sidang Tahunan MPR RI tahun ini menjadi momentum, pemacu, pemicu sekaligus pelecut untuk penegakan hukum yang lebih berkeadilan dan juga berkepastian hukum serta kemanfaatan.

Baca Juga: Presiden Tegaskan Perlindungan Hukum Rakyat Harus Terus Diperkuat

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Berhasil Mengamakan Tiga Pelaku Pecandu Narkoba

Jumat, 30 September 2022 | 10:30 WIB

Tabung Gas Milik Pedagang Mie Ayam Dicuri

Jumat, 30 September 2022 | 10:07 WIB

Berkas Ferdy Sambo Lengkap, Siap ke Pengadilan

Kamis, 29 September 2022 | 13:28 WIB

Polisi Berhasil Membongkar Modus Penjualan Bayi di Bogor

Kamis, 29 September 2022 | 11:01 WIB

BNN Pantau Ladang Ganja di Aceh Gunakan Satelit

Kamis, 29 September 2022 | 09:09 WIB
X