Menuntaskan Persoalan Yang Masih Tersisa di Poso

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:30 WIB
Menuntaskan Persoalan Yang Masih Tersisa di Poso
Menuntaskan Persoalan Yang Masih Tersisa di Poso

Floreseditorial.com - Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah memastikan operasi yang melibatkan Satuan Tugas Madago Raya di Km 13 Desa Kilo, Kabupaten Poso, pada 29 September lalu, itu menewaskan anggota terakhir kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) bernama Askar alias Jaid alias Guru alias Ikhwanrisman.

Lokasi baku tembak itu terjadi di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Askar roboh setelah menerima tembakan di bagian dada, tetapi jenazahnya tidak langsung dievakuasi karena aparat menduga terdapat sejumlah bom aktif.

“Kami sudah memastikan bahwa benar itu adalah Askar, salah seorang dalam daftar pencarian orang yang kami cari sejak tahun 2011,” kata Kapolda Sulteng Irjen Pol. Rudy Sufaridi usai mengecek langsung jenazah di RS Bhayangkara, Palu.

Baca Juga: Kejagung Hadirkan Tersangka Kasus Dugaan Pembunuhan Brigadir J

Berdasarkan hasil itu, sejumlah pihak meminta Mabes Polri melakukan evaluasi rangkaian operasi yang sudah berganti nama beberapa kali itu. Meskipun berhasil memburu kelompok MIT, operasi itu juga menyisakan trauma sebagian masyarakat di wilayah zona operasi.

Kepala Desa Lembantongoa, Deky Basalulu, menceritakan sejumlah anak yang melihat peristiwa pembunuhan empat warga oleh kelompok MIT pada 27 November 2020, mengalami trauma bila melihat siapa saja sedang menenteng senjata.

Waktu itu ada yang datang mengantar bantuan di kantor desa bersama-sama dengan polisi yang bawa senjata. Begitu mau diberikan ke anak-anak korban, salah satunya dari mereka malah langsung lari ketakutan setelah melihat senjata.

Baca Juga: Kejari OKU Proses Berkas Kasus Dugaan Korupsi Program Serasi

Peristiwa tersebut, tutur Deky, juga menjadi napak tilas kelam bagi korban selamat, di antaranya istri dari korban MIT, yakni Astri Kandi (27), yang kerap tidak ingin lagi bercerita perihal kekejaman kelompok pimpinan Ali Kalora saat itu.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemeran Video Porno Kebaya Merah Ditangkap Polisi

Senin, 7 November 2022 | 09:53 WIB
X