Hukum

Jumat, 8 November 2019 - 18:33 WIB

4 hari yang lalu

logo

Ilustrasi

Ilustrasi

Berkas P21, Kasus Pembuangan Bayi Akan Segera Disidangkan

Floreseditorial.com, Ruteng – Hasil Penyelidikan Berkas perkara Kasus pembuangan bayi oleh dua orang tersangka yaitu AF (ibu kandung korban) bersama AS (nenek Korban) di Desa Compang Mekar Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur pada bulan April lalu sudah dinyatakan lengkap atau P-21 oleh Kejaksaan Negeri Cabang Reok Kabupaten Manggarai.

Kepada floreseditorial.com, Kepala Kejaksaan Negeri Cabang Reok Kabupaten Manggarai Ida Bagus Putu Widnyana, SH pada Jumat (8/11/2019) menjelaskan bahwa, Berkas perkara untuk peristiwa pembuangan bayi oleh ibu kandung dan nenek korban sudah diserahkan ke Pengadilan Negeri Manggarai di Ruteng setelah dinyatakan lengkap berdasarkan hasil penyelidikan.

“Tanggal 7 November lalu kami dari kejaksaan Negeri Cabang Reok sudah melimpahkan berkas perkara ke Pengadilan Negeri Manggarai di Ruteng, dan Tanggal 14 November mendatang akan melaksanakan Sidang Perdana untuk terdakwa dengan agenda pembacaan surat Dakwaan” Tandasnya.

Menurutnya, Terdakwa AF (ibu kandung Korban) akan dijerat dengan Pasal 80 ayat (4) JO.Pasal 76-C UU Nomor 35 Tahun 2014 perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dan karena pelakunya adalah orangtua korban sendiri maka hukumanya diperberat menjadi sepertiga yaitu pidana dengan ancaman pidana paling lama 20 Tahun penjara.

Sementara, AS (nenek korban) dijerat dengan Pasal 80 ayat (3) JO.Pasal 76-C UU Nomor 35 Tahun 2014 perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dengan pidana paling lama 15 Tahun penjara dengan denda 3 miliar rupiah.

Laporan: Adrianus Paju

Artikel ini telah dibaca 2713 kali

Baca Lainnya
x