Hukum

Senin, 27 Januari 2020 - 23:29 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Bonevantura Abunawan (Ist)

Bonevantura Abunawan (Ist)

Camat Boleng Menangkan Gugatan Praperadilan

Floreseditorial.com, Borong – Pengadilan Negeri Kupang memutuskan membebaskan Bonevantura Abunawan, Camat Boleng, Kabupaten Manggarai Barat dari statusnya sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen surat tanah pada Senin (27/01/2020).

Fendy Hardiman,SH, salah satu kuasa hukum Camat Boleng saat dihubungi media ini menjelasakan bahwa Pengadilan Negeri Kupang mengabulkan permintaan kliennya.

“Benar sekali, saat ini kita masih menunggu salinan putusan untuk segera diajukan ke kejaksaan Negeri Manggarai Barat agar segera membebaskan klien kita,” ungkap Fendy singkat.

Sementara praktisi hukum Paskalis Baut kepada media ini menjelasakan bahwa pelimpahan ke kejaksaan tidak terpengaruh terhadap tersangka karena gugatan praperadilan itu sudah ada jauh hari sebelumya.

“Bukti itu diajukan dipengadilan dan hakim menilai bukti itu tidak mencukupi. Inikan baru pelimpahan dan belum disidangkan,” kata Paskalis.

Menurutnya praperadilan hanya bertujuan menguji alat bukti terhadap tersangka yang diajukan polisi.

“Jika kedepan polisi temukan alat bukti baru maka kasus ini dapat saja dilanjutkan,” tukasnya.

Untuk diketahui, penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi menahan Camat Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Boneventura Abunawan, Selasa 26 November 2019.

Abunawan ditahan karena diduga memalsukan surat atau dokumen tanah ulayat di wilayah Kecamatan Boleng.

Pada tanggal 23 Januari lalu, camat Boleng dipindahkan dari tahanan Polda NTT ke kejaksaan Negeri Labuan Bajo.

Laporan : Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 1657 kali

Baca Lainnya
x