Beranda Politik Pilkada Jawaban Paket Merpati Paling Tepat Tentang Atasi Korupsi

Jawaban Paket Merpati Paling Tepat Tentang Atasi Korupsi

0
BERBAGI
Cakada Marselis Sarimin dan Paskalis Sirajudin saat mengikuti debat Cakada Bupati dan Wakil Bupati Matim (Foto:TeamYPF)

Borong, floreseditorial.com – “Untuk memberantas Korupsi, harus dimulai dari mental pejabat dan penyelenggara pemerintahan. Karena Korupsi tidak bisa diberantas jika mental pejabat sendiri tetap berkeinginan untuk korupsi”, demikian jawaban Marselis Sarimin selaku calon Bupati Manggarai Timur saat menjawabi pertanyaan panelis Lucius Karus tentang cara memberantas korupsi.

“Aturan semuanya sudah lengkap. Kalau masih ada yang korupsi, ya, kembali kepada mental pihak yang bersangkutan,” tambahnya disaat mengikuti debat calon kepala daerah (Cakada) Kabupaten Manggarai Timur, Jumat (6/4/18).

Marselis mengakui, bahwa pentingnya revolusi mental dan birokrasi untuk mencegah pihak yang bertingkahlaku kurang baik, termasuk korupsi.

Mengatasi hal tersebut tentunya membutuhkan proses dan tahapan panjang dan tidak cukup dalam 1-2 hari saja.

“Revolusi mental dan Birokrasi itu menjadi salah satu program dari sebelas program Merpati”, ujar Marselis.

Senada dengan marselis, calon wakil Bupati Manggarai Timur, Paskalis Sirajudin menjelaskan bahwa setiap penyelenggara daerah harus mematuhi semua norma–norma yang ada.

“Norma Agama dan budaya serta adat istiadat akan berpengaruh pada mentalitas pelaku Negara”, ungkap mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Manggarai Timur itu.

Jawaban tersebut lantas mendapat apresiasi masyarakat, salah satunya Dionisius Lome, warga Kabupaten Manggarai Timur yang turut menyakiskan jalannya proses debat.

Meski harus menyaksikan proses debat dari luar pagar, namun dirinya benar – benar menyimak setiap jawaban dari 5 Cakada yang hadir.

Menurutnya, jawaban paket Merpatilah yang paling baik.

“Siapapun pejabat, mulai rektor, wali kota, ataupun saya, kalau melihatnya selalu ke atas, ya, tidak pernah puas. Tetapi, kalau melihatnya ke bawah, ternyata banyak jauh di bawah,” katanya.

Dengan melihat ke bawah, kata dia, orang akan menyadari ternyata masih banyak orang lain yang berada di bawah yang untuk makan saja mungkin sehari kurang, sehingga akan melakukan introspeksi.

“Sehingga mental pejabatlah yang harus diubah, dan jawaban itu adalah jawaban paket Merpati” tukasnya.

Laporan : Yon Sahaja
Editor : Hardy Sungkang

Comments

comments

loading...