Beranda Hukum Kapolsek Borong: Aksi Demo Ormas Yang Tidak terdaftar Akan Kami Bubarkan

Kapolsek Borong: Aksi Demo Ormas Yang Tidak terdaftar Akan Kami Bubarkan

0
BERBAGI
Kapolsek Borong. (Sumber: tribunews)

Borong, floreseditorial.com – Kapolsek Borong, Komisaris Polisi Eriksai Nono menegaskan, bahwa pihaknya akan membubarkan secara paksa aksi dari setiap oraganisasi masyarakat (Ormas) yang belum terdaftar.

Hal ini disampaikan Erik saat dikonfirmasi floreseditorial.com terkait wacana aksi demonstrasi yang akan dilakukan oleh salah satu Ormas yang ada di Kabupaten Manggarai Timur.

Menurutnya, kebebasan berpendapat di muka umum baik lisan dan tulisan serta kebebasan untuk berorganisasi merupakan hak setiap warga negara yang harus diakui, dijamin dan dipenuhi oleh negara.

“Indonesia sebagai sebuah negara hukum telah mengatur adanya jaminan terhadap kebebasan untuk berserikat dan berkumpul serta kebebasan untuk menyampaikan pendapat baik lisan maupun tulisan dalam UUD 1945 dan UU Nomor 9 Tahun 1998 Tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum”, ungkap Erik, Minggu (15/04) saat dihubungi media ini melalui sambungan telepon.

Namun, Erik menjelaskan, setiap Ormas yang ingin menyampaikan pendapat di muka umum harus memiliki legalitas serta terdaftar secara resmi.

Erik mengakui, bahwa sebuah organisasi masyarakat telah mengirim surat pada Kepolisian Sektor Borong untuk meminta ijin agar dapat melakukan aksi demonstrasi di kantor Bupati Manggarai Timur pada Senin (16/04) besok.

“Namun surat tersebut bukan ditujukan kepada Polres, melainkan kepada pihak Polsek, sehingga ijinannya tidak diberikan”, tegas Erik.

Selain itu, kata Erik, pihaknya juga akan berkordinasi dengan sejumlah pihak termasuk legalitas organisasi masyarakat yang akan melakukan aksi demonstrasi.

“Kalau belum memiliki legalitas di Manggarai Timur, pasti akan kami bubarkan”, tukas Erik.

Laporan : Yon Sahaja
Editor : Hardy Sungkang

Comments

comments

loading...

Tinggalkan Balasan