Kesehatan

Sabtu, 22 Oktober 2016 - 12:33 WIB

4 tahun yang lalu

logo

MANFAAT DAUN JARAK

Manfaat Daun Jarak – Daun jarak merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang cukup banyak dimanfaatkan sebagian kalangan masyarakat sampai sekarang.

Manfaat daun jarak sangat beragam dan tak heran bila tanaman tersebut dikenal sebagai apotik hidup berkat khasiat alami yang dimilikinya.

Seluruh bagian tanaman bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, terutama daunnya yang dipakai sebagai media penyembuhan dan pencegahan penyakit. Berikut ini beberapa daftar manfaat dari daun jarak yang wajib Anda ketahui, yaitu:

1. Menangani masalah susah BAB

Susah Buang Air Besar atau sembelit merupakan masalah kesehatan yang dapat dialami oleh seseorang yang tidak memenuhi asupan serat dan nutrisi dalam tubuh dengan baik.

Untuk itu, daun jarak perlu dikonsumsi karena mengandung serat yang tinggi dan efektif untuk melancarkan system pencernaan dan mengatasi masalah susah BAB yang Anda alami.

Cara memanfaatkannya adalah dengan mengukus daun jarak yang masih segar kemudian konsumsi sebagai lalapan ketika makan. Alhasil pencernaan akan kembali normal.

2. Mengobati masalah kurap

Kurap adalah salah satu jenis penyakit kulit yang cukup sering dialami oleh beberapa kalangan masyarakat. Untuk mengatasi kurap, minyak daun jarak bisa dimanfaatkan dari sekarang. Cara memanfaatkannya antara lain:

  • Cuci daun jarak sampai bersih.
  • Rendam daun jarak di dalam minyak kelapa sekitar beberapa jam.
  • Panaskan minyak daun jarak.
  • Oleskan minyak ke permukaan kulit berkurap dan tutup menggunakan kain katun.
  • Diamkan hingga semalaman dan ulangi hingga benar-benar sembuh.

3. Mengatasi bekas luka

Koreng atau bekas luka menjadi salah satu masalah kulit yang mengganggu penampilan. Agar hal tersebut tidak berkepanjangan, maka manfaatkanlah daun jarak dari sekarang.

Caranya yaitu dengan haluskan daun jarak menjadi bubur dan tambahkan sedikit garam. Oleskan ramuan tersebut pada bagian kulit agar bekas luka atau koreng segera hilang. Cara ini juga berlaku untuk bekas luka akibat benda tajam dan luka bakar.

4. Menurunkan panas

Bila bayi Anda mengalami panas, janganlah ragu untuk menggunakan daun jarak sebagai obat herbal yang Anda gunakan.

Caranya dengan menggunakan 2 atau 3 lembar daun jarak yang sudah dibersihkan dan diolesi minyak lalu dipanaskan di atas kompor sekitar 2 menit. Letakkan daun tersebut pada bagian perut atau punggung bayi supaya panasnya segera reda dan suhu tubuh normal kembali.

5. Memperbesar alat vital

Daun jarak sudah mendapatkan predikat sebagai ramuan herbal yang efektif mengatasi masalah kejantanan para pria dewasa. Sebab, daun jarak dipercaya mampu memperbesar ukuran alat vital. Cara pemanfaatannya cukup mudah, yaitu:

  • Siapkan 10 lembar daun jarak, sedikit minyak zaitun dan 1 buah jeruk nipis.
  • Tumbuk daun jarak dan jeruk nipis hingga merata.
  • Pijat alat vital dengan minyak zaitun sebelum mengaplikasikan ramuan.
  • Gunakan ramuan daun jarak dan pijat bagian alat vital hingga muncul rasa hangat.
  • Lakukan secara rutin dan rasakan hasilnya.

6. Mengobati masalah rematik

Manfaat daun jarak untuk mengobati rematik bisa diperoleh dengan cara berikut ini:

  • Siapkan 5 lebar daun jarak.
  • Tumbuk daun jarak hingga halus dan campurkan sedikit air hangat.
  • Oleskan ramuan di sekitar bagian rematik.
  • Lakukan secara rutin, bisa 3 kali sehari.

7. Memperlancar proses persalinan

Untuk kondisi mendesak dan darurat, daun jarak bisa dipakai untuk memperlancar proses persalinan. Daun jarak bisa memicu kontraksi sehingga proses persalinan bisa berjalan dengan lancar dan bayi terlahir secara normal.

Beberapa manfaat di atas tentu bukan semata-mata karena kebetulan, namun hal tersebut bisa terjadi karena daun jarak mengandung sejuta zat yang khasiatnya luar biasa.

Tanaman yang memiliki batang berongga dan berbuku ini kaya akan senyawa yang sangat baik bagi kesehatan. Meski daunnya tidak terlalu besar, namun manfaat yang diberikan membuatnya terkesan istimewa. Berikut ini beberapa kandungan yang bisa ditemukan dalam tanaman jarak, yaitu:

  • Quercetin
  • Kaaemperol
  • Nocotiflorin
  • Astragalin

Daun jarak pada umumnya berwarna hijau kekuningan dan beberapa diantaranya berwarna merah. Tanaman ini biasa disebut dengan tanaman jarak pagar karena tumbuhnya di sekitar pekarangan rumah dengan ukuran yang tinggi menyerupai pagar.

Walaupun manfaatnya sangatlah beragam dan dinilai penting bagi kesehatan, namun beberapa hal seputar daun jarak di bawah ini juga perlu disimak, antara lain:

  • Minyak daun jarak dapat memberikan efek iritan ke lapisan usus karena dipecah oleh usus kecil dan menjadi asam risinoleat. Hal ini dapat mengatasi sembelit, namun bisa juga menimbulkan diare dan efek samping yang lainnya.
  • Bagi Anda yang mengalami kram, maag, iritasi usus, wasir dan beberapa masalah pencernaan lainnya, sebaiknya pemakaian minyak jarak dihindari untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan kata lain, manfaatkanlah daun jarak sebijak mungkin sesuai kondisi dan kebutuhan Anda supaya manfaat daun jarak bisa didapatkan secara maksimal. // Jokowarino

Artikel ini telah dibaca 3795 kali

Baca Lainnya
x