Headline Kesehatan

Rabu, 3 Juni 2020 - 20:49 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Posko Covid-19 Nggorang, Kecamatan Komodo. (Foto: Robert Perkasa)

Posko Covid-19 Nggorang, Kecamatan Komodo. (Foto: Robert Perkasa)

Anggaran Habis, Petugas “Mogok” Jaga Posko Zona Merah Virus Corona

Labuan Bajo, floreseditorial.com – Sejumlah posko (chek point) di Kabupaten Manggarai Barat tampak sepi karena petugas ‘mogok’ jaga sebelum virus corona benar-benar sirna. Alasanya, pihak desa atau kecamatan telah kehabisan anggaran untuk mencukupi asupan gizi bagi para petugas jaga. Akibatnya pengawalan di posko jaga covid-19 zona merah seperti Manggarai Barat berjalan seadanya.

“Unsur yang terlibat aktif dalam penanganan posko ini, tidak bisa hadir. Sementara status posko di Nggorang ini adalah posko kabupaten bukan desa punya. Jadi kasian desa ini”, kata Rikardus Nompa, salah seorang relawan posko Nggorang.

Menurutnya, posko Desa Nggorang seperti hidup enggan mati tak mau. Hal itu disebabkan Pemkab Mabar mengabaikan posko itu sejak diaktifkan, 6 Mei 2020 lalu.

“Kades Nggorang bahkan selalu pertanyakan keberadaan status ini. Sebab posko ini pintu masuk Ibukota Kabupaten Manggarai Barat. Jadi sebenarnya konsentrasi ada di posko ini. Tetapi anggaran untuk menghidupkan posko ini tidak jelas”, ujar Rikardus.

Rikardus menambahkan, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) sudah arahkan Kepala Desa Nggorang selaku ketua gugus tugas covid-19 untuk ajukan proposal bantuan, namun hal ini tidak ada kelanjutannya. Yang jadi korban, katanya, para relawan desa selama ini yang aktif setiap hari. Mereka tetap kerja, meski sejauh ini SK tidak jelas.

Terpantau media ini, Senin-Rabu (1-3/6/2020) posko covid-19 di Desa Batu Cermin, Labuan Bajo, dan posko di Mamis menuju Kecamatan Mbeliling tidak ada aktifitas apa pun. Para relawan posko yang biasanya siaga, kini tak ada satu orang pun yang terlihat di posko itu. Kecuali posko covid-19 di samping SPBU Waduk, Desa Gorontalo, sejumlah petugas dan relawan posko tampak siaga di sana.

Demikian di posko perbatasan Mabar – Manggarai masih berjalan normal. Aktifitas masyarakat di sekitar berlangsung normal. Sampai sejauh ini belum ada perubahan. Relawan dan tim gugus tugas penanganan covid-19 Kecamatan Lembor tetap berjaga setiap hari.

Camat Lembor, Pius Baut yang dihubungi floreseditorial.com, Rabu (3/6/2020) menjelaskan penerapan protokol kesehatan di posko perbatasan Manggarai – Manggarai Barat, seperti cek suhu tubuh, wajib bermasker dan registrasi bagi para pengguna jalan menuju Mabar tetap berjalan. Sedangkan pelaku perjalanan menuju Kabupaten Manggarai, diperiksa tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Manggarai dengan mengacu protokoler kesehatan plus surat keterangan kesehatan dan surat jalan. *(obe)

Artikel ini telah dibaca 884 kali

Baca Lainnya
x