Ende Kesehatan

Kamis, 19 Maret 2020 - 12:55 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Petugas bandara HJ. Hasan Aroebusman Ende melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh terhadap para penumpang (Foto: TeamYPF/Rian Kaka)

Petugas bandara HJ. Hasan Aroebusman Ende melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh terhadap para penumpang (Foto: TeamYPF/Rian Kaka)

Korona Mewabah, Petugas Bandara Ende Lakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh Penumpang

Floreseditorial.com, Ende – Upaya memperketat pencegahan terhadap bahaya mewabahnya covid 19, Bandar Udara HJ. Hasan Aroebusman Ende melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh terhadap para penumpang.

Hal ini disampaikan, Kepala Bandara HJ. Hasan Aroebusman Ende, Muhamad Auriyadin Saleh, kepada Floreseditoroal.com di ruang kerjanya. Kamis, (19/3/20).

Auriyadin mengatakan, deteksi pemeriksaan dilakukan oleh pihak Bandara Ende, khusus pada penumpang yang tiba atau datang di Bandara HJ. Hasan Aroebusman Ende.

Dijelaskannya, pemeriksaan yang dilakukan yakni menjalankan pemeriksaan terhadap suhu tubuh penumpang dengan menggunakan alat thermogun di ruang kedatangan penumpang.

Untuk diketahui, alat thermogun difungsikan untuk memeriksa suhu tubuh penumpang dilakukan dengan cara meletakan alat tersebut berjarak 5-10 centi meter dari kepala untuk mengukur suhu tubuh penumpang.

Sebagai langkah preventif, kata Auriyadin, pihaknya sudah lakukan beberapa tahapan – tahapan sesuai dengan SOP yang kita sepakati pada saat rapat. Koordinasi yang dilakukan ini, hanya untuk mencegah covid – 19 tidak menyebar di kabupaten Ende.

“Kami sudah melaksanakan rapat internal dan berkoordinasi dengan beberapa instansi-instansi terkait, guna mencegah terhadap bahaya covid – 19, agar tidak menyebar di Kabupaten Ende”. Tuturnya

Berdasakan SOP, kepada para penumpang yang datang wajib menjalani beberapa tahapan. Antaranya, pembersihan tangan, pemeriksaan suhu tubu, wawancara hingga pemberian kartu kuning.

Namun, setiap hari dalam beberapa tahapan yang telah dilakukan, selama ini, pihaknya belum menemukan penumpang yang terindikasi ter-infeksi virus corona atau covid-19 ini.

Menurutnya, apabila dalam hasil pemeriksaan ditemukan ada penumpang yang dideteksi suhu tubuh diatas 38 derajat, maka penumpang tersebut akan di bawa keruangan khusus dan diwawancarai oleh petugas KKP.

“Kalau penumpang tersebut, suhu tubuhnya naik diatas 38 derajat, maka kita akan bawa ke ruangan khusus untuk di wawancarai oleh petugas KKP, tujuannya untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut”. Tukasnya

Laporan : Rian Laka

Artikel ini telah dibaca 1115 kali

Baca Lainnya
x