Pemasangan fasilitas internet gratis di kantor Camat Elar Selatan (Foto: TeamYPF)

FLORESEDITORIAL.COM, BORONG
Pemerintah melalui kementerian komunikasi dan informatika telah memasaang VSAT jaringan internet bagi masyarakat di beberapa wilayah pedalaman.

Salah satu wilayah yang mendapatkan layanan ini adalah kabupaten Manggarai Timur, khususnya di wilayah kecamatan Elar Selatan.

Dipasang sejak tahun 2016 silam, layanan internet gratis ini sering mengalami kendala.

“Karena tidak ada listrik, maka kami menggunakan genset diesel sebagai sumber listrik, akibatnya pelayanan menjadi sering terganggu”, tutur Yohanes Yatmica Eka Putra Lawi, operator Visat kecamatan Elar selatan kepada media ini, Rabu (05/12/2018).

Ia berujar, dipertengahan tahun 2017 lalu, pihaknya mencoba mengusulkan pengadaan panel surya sebagai sumber lstrik untuk mendukung kelistrikan perangkat internet tersebut ke Balai penyedia dan pengelolah pembiayaan telekomunikasi dan informasi (BP3TI).

“Puji Tuhan, di tahun 2018 usalan kami diterima dan terealisasi,” tuturnya.

Saat awal beroperasi, kata Putra Lawi, perangkat internet dihubungkan menggunakan kabel LAN yang terhubung ke Perangkat komputer, hingga menyebabkan pemakaian menjadi terbatas.

“Namun dalam perjalanan, kami mendapat penambahan perangkat pendukung layanan internet gratis ini. Salah satu komponen penunjang yang turut dipasang adalah perangkat wifi gratis dengan 3 pemancar GENIUS, SINYAL PINTAR dan MIKROTIK,” tuturnya.

Operator VSAT kecamatan Elar selatan itu berujar bahwa hadirnya layanan internet gratis di Elar selatan disambut baik oleh masyarakat. Menurutnya dengan adanya layanan internet gratis di wilayah tersebut membuat semua menjadi mudah.

“Kita semua tahu bahwa Elar selatan adalah daerah dengan topografi yang sulit sehingga segala pekerjaan atau urusan dari Elar selatan ke daerah luar menjadi cukup sulit,” tandasnya.

Menurutnya pekerjaan-pekerjaan di sekolah atau di kantor kantor yang berbasis online sudah bisa dikerjakan dari Elar selatan.

“Hadirnya layanan internet gratis ini juga membantu kami disini untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia luar,” tukasnya.

Sementara Yakobus Japung, salah seorang warga Elar selatan lainnya berujar bahwa dengan adanya VSAT layanan internet gratis ini masyarakat Elar selatan sudah mulai menikmati era digitalisasi.

“Setiap hari yang datang untuk menikmati layanan ini semakin banyak, mulai dari pelajar hingga orang tua, dari sekedar bermain medsos hingga baca berita online,” Katanya.

Menurutnya, masyarakat merasa bersyukur dengan program internet gratis ini.

“Apresiasi yang sebesar besarnya kepada pemerintah, karena sudah menghadirkan layanan ini di Elar selatan,” tukasnya.

Laporan : Yon Sahaja

Komentar Anda?