Manggarai Barat

Minggu, 5 Juli 2020 - 14:14 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Tengkorak manusia dewasa ditemukan di Jalan Soekarno-Hatta, depan Kantor Koramil, Kampung Ujung, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Sabtu (4/7/2020). (Foto: Ist)

Tengkorak manusia dewasa ditemukan di Jalan Soekarno-Hatta, depan Kantor Koramil, Kampung Ujung, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Sabtu (4/7/2020). (Foto: Ist)

Pekerja Proyek Temukan Tengkorak Manusia

Labuan Bajo, floreseditorial.com – Constantinus Jebarus, seorang pekerja proyek PT. Floresco Aneka Indah menemukan tengkorak dan tulang belulang manusia, Sabtu (4/7/2020) sekitar pukul 11.00 Wita. Tengkorak manusia dewasa itu ditemukan di Jalan Soekarno-Hatta, tepatnya di depan Kantor Koramil, Kampung Ujung, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Temuan tengkorak manusia itu menggegerkan warga Labuan Bajo dan sekitarnya.

”Saat gali, saya temukan sebuah peti. Ternyata di dalamnya ada tengkorak dandan kain merah. Dari bentuk tulang belulangnya saya menduga tengkorak manusia. Selain tengkorak dan tulang belulang, ada gigi dan tulang gerahamnya,” jelas Jebarus kepada Lurah Labuan Bajo dan aparat kepolisian yang tiba di lokasi penemuan kerangka tersebut.

Haji Najib Djuje, tokoh masyarakat Labuan Bajo, menerangkan, tulang belulang yang ditemukan itu kerangka seorang nelayan asal Sulawesi Selatan. Nelayan tersebut meninggal dunia di Kampung Ujung, Labuan Bajo sekitar tahun 1950-an.

“Jenazahnya dikuburkan di pinggir pantai Kampung Ujung, Labuan Bajo,” terang Haji Najib kepada Lurah Labuan Bajo, Syarifudin Malik.

Haji Najib, menuturkan, kala itu orang tua almarhum ikut serta menguburkan jenazah anaknya. Almarhum yang dikuburkan di tempat itu berjenis kelamin laki-laki.

Lurah Labuan Bajo, Syarifudin Malik menjawab floreseditorial.com, Minggu (5/7/2020), menjelaskan, berdasarkan keterangan, Haji Najib Djuje, tengkorak tersebut adalah seorang nelayan asal Sulawesi Selatan.

Syarifudin, menambahkan, terkait temuan kerangka manusia itu, pihaknya langsung koordinasi pihak-pihak terkait. Aparat kepolisian Polres Mabar, katanya, telah mengamankan tulang belulang manusia itu di RSUD Komodo untuk kepentingan autopsi.

“Kami sudah koordinasi Bapak Imam Masjid Nurul Falaq Labuan Bajo dan beberapa tokoh masyarakat. Mereka siap bantu setelah proses autopsi kepolisian,” ujarnya.

PT. Floresco Aneka Indah selaku Kontraktor Pelaksana Proyek APBN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) senilai Rp 1,31 triliun. Dana APBN sebesar itu digelontorkan untuk pengembangan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo. Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang Ditjen Bina Marga selaku instansi teknis, kini sedang menggiatkan pekerjaan fisik di sejumlah spot di dalam dan luar Kota Labuan Bajo. *(obe)

Artikel ini telah dibaca 659 kali

Baca Lainnya
x