Manggarai Barat

Rabu, 3 Juni 2020 - 02:05 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Dua orang terduga pelaku pencurian kulit kayu manis. (Foto: Robert Perkasa)

Dua orang terduga pelaku pencurian kulit kayu manis. (Foto: Robert Perkasa)

Petugas KPH Amankan Pencuri Kulit Kayu Manis

Labuan Bajo, floreseditorial.com – ASN (38) dan TG (28) dua orang pelaku pencurian kulit kayu manis di kawasan hutan Puarlolo RTK 109, diamankan di kantor UPT KPH Manggarai Barat, Selasa (2/6/2020). Tujuannya mengidentifikasi secara mendalam alasan mereka melakukan pencurian, tingkat kerugian dan dampak kerusakan lingkungan.

Nurdin, salah seorang Petugas UPT KPH Kabupaten Manggarai Barat, yang ditemui floreseditorial.com di kantor KPH Mabar, Selasa (2/6/2020) petang menjelaskan, kasus tersebut sedang didalami oleh UPT KPH Mabar.

“Kami sedang dalami kasusnya. Kita cek lokasi dan pada koordinat berapa pohon yang ditebang itu. Keputusannya ada di pimpinan,” katanya.

Kepala UPT KPH Mabar Stef Nali belum berhasil dikonfirmasi. Dihubungi melalui telepon seluler belum memberi penjelasan.

Barang bukti berupa kulit kayu manis. (Foto: Robert Perkasa)

Pantauan floreseditorial.com di Labuan Bajo, Selasa (2/6/2020) kedua pelaku bersama barang bukti dibawa ke Polres Mabar. Kedua pelaku didampingi petugas KPH, Fandi Hasa dan Babinkamtibmas Desa Cunca Lolos, Brigpol Henderikus Deni. Namun tak lama kemudian, kedua pelaku digiring ke kantor UPT KPH Mabar di Senaru menggunakan kendaraan Polres Mabar. Barang bukti berupa gulungan kulit kayu manis turut diamankan ke kantor KPH.

Seorang petugas piket di Polres Mabar yang ditemui mengatakan, pihaknya belum mengambil keterangan pelaku karena petugas KPH belum melaporkan kasus tersebut secara resmi ke Polres Mabar.

Sebelumnya diberitakan, (floreseditorial.com, Selasa 2 Juni 2020) ‘Terbius’ Kulit Kayu Manis, Dua Orang Pencuri Diciduk Petugas UPT, petugas Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPT KPH) menangkap tangan dua pencuri kulit kayu manis (ndingar).

Kedua pencuri ditangkap tangan di kawasan hutan Mbeliling RTK 109, tepatnya perbatasan Desa Golo Desat, Desa Golo Damu dan Desa Golo Ndoal yang merupakan habitat Burung Endemi Flores. Petugas UPT KPH, Fandy menangkap keduanya sedang menyadap kulit kayu manis di kawasan hutan tersebut, Selasa (2/6/2020) siang. Kedua pelaku berasal dari Kampung Kalo, RT 013, RW 006, Desa Ketang, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai.

*(obe)

Artikel ini telah dibaca 2024 kali

Baca Lainnya
x