Manggarai Timur

Jumat, 11 Oktober 2019 - 16:11 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Musrenbangdes Desa Mbengan (Foto: TeamYPF/Yopie Moon)

Musrenbangdes Desa Mbengan (Foto: TeamYPF/Yopie Moon)

Penanggulangan Masalah Stunting Jadi Salah Satu Prioritas Desa Mbengan

Floreseditorial.com, Borong – Pemerintah Desa Mbengan Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) awal tahun anggaran 2020.

Musrenbangdes yang dihadiri oleh berbagai komponen dan elemen masyarakat ini berlangsung di Kantor Desa Mbengan pada, Kamis. (10/10/2019).

Yohanes Tobi, kepala desa Mbengan dalam sambutan singkatnya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tokoh masyarakat yang telah mengahadiri kegiatan Musrenbangdes tersebut.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Tokoh dan komponen Masyarakat yang telah hadir pada kegiatan hari ini,” kata Kades Mbengan

Agenda Musrenbangdes, jelasnya lebih lanjut, merupakan suatu agenda penting sebagai awal dalam menyatukan ide dan gagasan seluruh Masyarakat, dalam merancang pembangunan di desa.

“Hal ini bertujuan untuk merencanakan dan mengusul tentang poin poin penting yang akan di tuangkan dalam APBDes yang menjadi skala prioritas pada tahun 2020 di desa Mbengan,” tururnya.

Musrenbangdes, katanya melanjutkan, melahirkan ide dan gagasan yang mengedepankan musyawarah mufakat dalam rencana kerja serta perkiraan pembangunan baik yang direncanakan oleh Pemdes maupun yang berdasarkan informasi dan arahan masyarakat.

“Maka hari ini kita hadir untuk menyatukan persepsi dalam menyatukan ide dalam pembangunan desa, dari berbagai komponen dan elemen masyarakat sangat di perlukan dalam memberikan ide yang bersifat musywarah mufakat”,Ujar Jubis.

Berikut hasil Musrenbangdes Desa Mbengan

Untuk Bidang penyelenggaraan Pemdes akan merujuk pada PP No 11 tahun 2019 sedangkan
Bidang pelaksanaan Pembangunan, akan dilanjutkan pembangunan jalan rabat beton dusun Mok, Dusun Bungan, Dusun Pandang,dusun Nunur Baru.

Serta Pembangunan telford dan rabat Dusun Pandang – Dusun Nunur Baru, telford dan rabat menuju Posyandu, Pembukaan jalan baru Mok -Tore – SMAN 3 Kota komba.

Selain untuk peningkatan kualitas jalan Pemdes Mbengan juga mencanangkan Pembukaan jalan baru kemus -Watu Ka, Pembukaan jalan baru Mbele- Damu dan Pembangunan posyandu dusun Mok.

Untuk pembangunan fisik, Desa Mbengan juga mencanangkan kusus untuk bidang pembinaan dan pemberdayaan yang berfokus pada peningkatan Sumber Daya, serta Penanggulangan Stunting.

Laporan : Yopie Moon

Artikel ini telah dibaca 1189 kali

Baca Lainnya
x