Manggarai Timur

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 09:32 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Epifanus Manto (Foto: Istimewa)

Epifanus Manto (Foto: Istimewa)

Tak Ada Keterwakilan di DPRD, Garda Mutu Minta PERS Jadi “Legislator” Warga Sebelah Wae Musur

Floreseditorial.com, Borong – Ketua Gerakan Pemuda Wae Musur Bersatu (Garda Mutu) Epifanius Manto mengajak semua rekan Pers di Manggarai Timur baik cetak, Televisi maupun media online untuk menjadi “Legislator” warga sebelah Wae Musur.

Hal ini dikatakan Manto mengingat bahwa masyarakat sebelah wae musur yang terdiri dari 8 Desa tidak memiliki keterwakilan di DPRD Manggarai Timur.

“Saya selaku Ketua Gerakan dan atas nama teman-teman Garda Mutu mengajak teman-teman Pers di Manggarai Timur untuk trus menulis apa yang dirasakan atau yang dikeluhkan oleh masyarakat sebelah wae musur”,katanya, Sabtu (24/08).

Melalui peran dan Fungsi pers yang dijalankan oleh rekan-rekan wartawan, kayanya lebih lanjut, kiranya apa yang dirasakan dan apa yang menjadi kerinduan warga sebelah wae musur dapat tersalurkan dan didengar oleh pemangku kepentingan,baik di Kabupaten,Propinsi maupun pusat.

“Kami minta teman-teman Pers untuk menyalurkan aspirasi kami rakyat wae musur melalui tulisan-tulisan mereka,” imbuhnya

Senada disampaikan Theo Pamput,Sekretaris Garda Mutu. Ia mengatakan bahwa UU No. 40 Tahun 1999 Pasal 2 menyebutkan ; Kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum. Dapat dikatakan bahwa pers memiliki fungsi media perantara bagi masyarakat dan Pemerintah.

“Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Pasal 3 disebutkan mengenai fungsi Pers Nasional, pada poin ke 2 menyebutkan Sebagai Penyebar Informasi,Pers nasional dapat menyebarkan informasi baik dari pemerintah atau negara kepada warga negara.
Dengan mencermati fungsi pers tersebut, Bagi kami ini merupakan solusi yang tepat sehingga aspirasi rakyat bisa didengar, karena memang jelas sebelah wae musur tidak ada perwakilan di DPRD,” kata Teo.

Harapannya, lanjut Teo, semoga teman-teman pers menerima ajakan kami,sehingga melalui karya – karya mereka aspirasi kami dapat didengar.

Menanggapi Hal ini, Ketua Persatuan Wartawan Manggari Timur Albert Hariyanto menejelaskan bahwa secara organisasi, PWMT akan selalu menjadi garda terdepan yang akan menyuarakan setiap keluhan dan suara masyarakat untuk diwartakan.

“Tentu tetap mengacu pada kaidah-kaidah jurnalis” kata Albert.

Wartawan salah satu media Cetak di NTT itu berharap agar pemerintah tetap memberikan perhatian kepada masyarakat sebelah Wae Musur meskipun secara politik suara masyarakat sebelah Wae Musur akan sulit didengungkan di Lembaga DPRD karena tidak adanya keterwakilan anggota DPRD dari wilayah sebelah Wae Musur.

“Kepada Garda Mutu, saya ucapkan terima kasih karena sudah mempercayakan pers sebagai legislatornya,” tukas Albert.

Laporan : Yopie Moon

Artikel ini telah dibaca 156 kali

Vidio Populer
Baca Lainnya