Manggarai

Minggu, 13 Oktober 2019 - 13:05 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Ilustrasi

Ilustrasi

Jaringan Air Bersih Desa Satar Ngkeling Tak Bermanfaat Bagi Warga

Floreseditorial.com, Ruteng – Jaringan air bersih di wilayah Ting, Desa Satar Ngkeling, Kabupaten Manggarai hingga kini tidak dirasakan manfaatnya oleh warga setempat.

Proyek jaringan air bersih yang di kerjakan sejak tahun 2016 silam itu mubazir karena hasilnya tidak dimanfaatkan oleh warga Desa.

Viktor Santing, salah seorang warga Desa Satar Ngkeling menjelaskan bahwa Proyek tersebut dikerjakan pada tahun 2016 silam.

“Tapi kami tidak tau siapa yang kerja, karena tidak ada papan informasi di lokasi proyek saat itu,” tandasnya.

Sebagai masyarakat, kata Viktor, masyarakat sangat menyangkan pengerjaan proyek yang saat ini tidak bermanfaat untuk masyarakat di desanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa proyek yang pada awal perencananya akan menyediakan air minum bersih di wilayah tersebut dan sumber airnya diambil dari mata air Wae Decer itu sempat dialiri air beberapa saat.

“Sebelumnya mereka sempat memasang beberapa meteran air yang informasinya itu adalah meteran uji coba, tapi hingga saat ini meteran tersebut tidak digunakan, karena air tidak mengalir,” imbuhnya.

Disisi lain, kata Warga desa Satar Ngkeling itu desa lainnya di wilayah sekitar sudah di aliri air yang mata airnya bersumber dari titik yang sama.

“Saat ini Desa Ndehes dan yang terbaru Desa Bangka Kenda sudah dialiri sumber air dari pusat pipa yang sama dan mata air yang sama, padahal yang kami desa kami yang paling awal diinstalasi jaringan pipa namun hingga saat ini pipa di wilayah kami ini sudah tidak diperhatikan lagi”, tandasnya.

Sementara hingga kini, kepala desa setempat belum bisa dihubungi media ini. Kendati demikian Ia berharap agar pemerintah daerah kabupaten Manggarai bisa menata Kembali sistem tata air di kawasan tersebut agar masyarakat bisa merasakan manfaat dari proyek yang dikerjakan pada tahun 2016 silam itu.

Laporan: Adrianus Paju

Artikel ini telah dibaca 292 kali

Baca Lainnya
x