Manggarai

Rabu, 12 Juni 2019 - 20:54 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Jefrin Haryanto (Ist)

Jefrin Haryanto (Ist)

Jefrin Haryanto, Nama Baru Yang Diisukan Maju di Pilbup Manggarai

Floreseditorial.com, Ruteng – Gendang Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum ditabuh, namun desas desus Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Kabupaten Manggarai, kian menyedot perhatian dari berbagai kalangan.

Salah satunya, yang paling menguat datang dari para penggiat media sosial. Terpantau sejak awal Juni 2019 , dari setiap grup WhatsApp wacana perebutan orang nomor satu di kabupaten itu, sangat ramai dibincangkan.

Tampak, ruang jagat maya tak hanya sebagai ajang pertemanan setiap individu, tetapi lebih dari itu, ruang itu dipenuhi sejumlah narasi yang berkutat pada sejumlah nama yang bakal maju di pilkada Manggarai tahun 2020 mendatang.

Nama itu tak hanya mereka yang elit lama seperti, Deno Kamelus, Viktor Madur, Osi Gandut, Silvester Baeng dan Heribertus G. L Nabit, tetapi juga sejumlah nama baru seperti Tarsi Hurmali, Heri Ngabut dan Gusti Ganggut.

Dari ke-8 itu, ada satu nama lagi yang cukup hangat dibicangkan yakni Jefrin Haryanto. Pria yang kerab disapa Jef itu, merupakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintah kabupaten Matim.

Namanya, muncul dalam radar diskusi dengan topik, “Siapkah Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Pilihan Anda?”.

Pujian pun datang berbagai daerah. Tidak hanya mereka, yang berdomisi di wilayah Manggarai yang memberikan apresiasi terhadap sosok yang satu ini, namun pujian itu datang dari mereka yang berada di wilayah Matim dan Manggarai Barat (Mabar).

Entah apa alasan di balik pencatutan nama Jefrin, namun yang pasti pria yang kental dengan potongan rambut plontos itu, juga merupakan salah satu pencentus program sekolah bahagia di kabupten itu.

Selain itu, Jefrin juga kerab menjadi peneliti dan konsultan.
Jefrin haryanto sebenarnya bukan nama baru. Mantan jurnalis dan dosen ini dikenal dekat dengan berbagai kalangan. Alumnus Pasca sarjana psikologi UGM ini, sangat familiar dikalangan LSM. Di LSM Jefrin bukan nama yang asing, karena jefrin kerap menjadi komsultan program-program LSM. Beberapa konsep pendidikan, pendekatan kesehatan dan pengembangan sumberdaya manusia bahkan dipakai dan direplikasi oleh berbagai LSM dan Pemerintah. Sebagai ASN jefrin bahkan bersama lembaga bentukkannya banyak mendampingi desa-desa di manggarai raya.

Dari informasi lepas yang kami dapatkan, bahkan jefrin kerap dimintai keahliannya oleh beberapa partai.politik dan kandidat untuk membuat kajian dan analisis pemenangan. Di dunia pendidikan Jefrin dikenal dekat dengan guru-guru sebagai mentor yang mumpuni terkait pendidikan.

Jefrin haryanto ketika diminta konfirmasinya terkait isu yang beredar mengucapkan terima kasih terhadap apresiasi publik.

“Bagi saya, publik mendapat banyak alternatif itu kemajuan demokrasi.Publik harus terbiasa melihat hajatan pilkada sebagai hajatan semua orang dan tidak elitis,” kata Jefry, (Rabu 12/06).

Setiap warga masyarakat manggarai, katanya, harus ikut terlibat untuk menemukan pemimpin yang ideal.

“Bagi saya, seperti yang saya sampaikan ke media beberapa waktu lalu, bahwa jadikan momentum pilkada sebagai momentum kontestasi gagasan. Publik harus disuguhkan dengan tawaran gagasan, bukan dengan sentimen-sentimen geneologis dan kewilayahan. Saya berharap pemimpin kedepan adalah pemimpin yang memiliki kehendak bebas yang tidak disandra kepentingan pihak tertentu,” tukas jefrin.

Laporan: Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 217 kali

Vidio Populer
Baca Lainnya