Cheap NFL Jerseys From China Wholesale Jerseys

Headline Hukum Nagekeo

Jumat, 26 Juni 2020 - 02:13 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Aparat kepolisian malakukan evakuasi korban pembunuhan, Demianus Doa Siba (25), Rabu (17/06/2020). (Foto: Yohanes Mondo)

Aparat kepolisian malakukan evakuasi korban pembunuhan, Demianus Doa Siba (25), Rabu (17/06/2020). (Foto: Yohanes Mondo)

Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Pembunuhan Pria Asal Papua

Nagekeo, floreseditorial.com – Setelah melakukan penyelidikan mendalam, akhirnya Aparat Kepolisian Resort (Polres) Nagekeo berhasil menetapkan tiga orang tersangka pembunuhan, Demianus Dowan Siba (25). Ketiga tersangka yakni, FR (23), KS (21) dan GDD (21). Dua tersangka tersebut adalah keluarga dekat istri korban.

Kapolres Nagekeo, AKBP. Agustinus Hendrik Fai, menyapaikan hal itu menjawab floreseditorial.com, Kamis (25/6/2020). Dia diminta keterangan tentang perkembangan penanganan kasus kematian, Damianus Dowan Siba.

Kapolres Agustinus, menjelaskan, aparat penyidik mendalami kematian Damianus dengan meminta keterangan para saksi. Dari indikasi awal, penyidik menetapkan, FR (23), KS (21) dan GDD (21). Bahkan dua tersangka pelaku penganiayaan korban hingga meninggal adalah keluarga istri korban sendiri. Korban meninggal akibat penganiayaan yang dilakukan keluarga istri korban akibat konsumsi miras.

“Sebelumnya, satu tersangka yakni, FR (25). Hasil pengembangan lebih lanjut, penyidik menetapkan dua tersangka baru yakni, KS dan GDD,” terangnya.

Kapolres Agustinus, menjelaskan, berdasarkan pengakuan tiga pelaku, sebelum kejadian, bersama korban mengkonsumsi alkohol berupa moke sejak pagi pukul 08.00 Wita hingga pukul 03.00 Wita dini hari, di persawahan milik keluarga istri korban. Pada saat itu, terjadi percekcokan antar pelaku dan korban.

“Karena mabuk miras, korban maki mama mantunya. Tidak terima dengan kata-kata itu, ketiga pelaku menganiaya korban hingga tewas,” paparnya.

Dikatakannya, ketiga pelaku melakukan penganiayaan terhadap korban menggunakan benda tumpuh hingga meninggal dunia. Untuk menghilangkan jejak, ketiga pelaku mengangkat korban lalu masukkan ke dalam sumur dekat pondok sawah, tempat mereka konsumsi miras tersebut.

“Atas perbuatan itu, ketiga pelaku dijerat Pasal 338, Pasal 340, 351 Jo Pasal 55 ayat 1 ke- 1 dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara,” tandasnya.

Terpisah, istri korban, Theresia Bule (30), warga RT 03, Dusun I, Desa Waekokak, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, menceritakan, awal perkenalan dengan almarhum sang suami pada tahun 2016. Saat itu korban sedang di bangku kuliah di Kampus Undana Kupang. Sedangkan pihaknya bekerja di Hotel Cahaya Bapa. Keduanya pacaran kurang lebih enam bulan dan korban berniat untuk menikah.

“Setelah kami bersepakat, saya dan Demus (alm) datang ke Waekokak untuk menemui kedua orang tua saya dan keluarga besar,” jelas Dia.

Dia mengatakan, sejak pacaran hingga mempunyai anak, tidak pernah berkomunikasi dengan keluarga dan kedua orang tua korban di Papua. Ketika dihubungi, yang berkomunikasi hanya almarhum sendiri.

“Saat telepon saya tanya, bagaimana tanggapan Bapak dan Mama di Papua. Dia (alm) selalu menjawab mereka setuju,” katanya.

Dia menguraikan, saat hamil tiga bulan, suaminya minta pulang ke Papua. Alasanya, hendak menyampaikan kepada orang tua, bahwa dirinya sudah punya calon istri.

Istrinya menambahkan, almarhum berada di Papua, hampir delapan bulan lebih. Bahkan sejak hamil hingga anak mereka berumur 11 bulan, tidak ada perbuatan yang mengakibatkan terjadi permusuhan antar dirinya dengan orang lain.

“Dia orang baik. Tiap hari hanya urus kerja sawah. Saya sangat terpukul dan sedih atas kejadian ini yang mengakibatkan saya dan anak saya harus kehilangan sosok Ayah dan Suami dalam kehidupan kami,” ungkapnya penuh kesal.

Sebelumnya diberitakan, Demianus Dowan Siba (25), alumni Undana Kupang asal pegunungan Arfak, Manokwari, Papua, ditemukan tewas di dalam sumur usai panen padi di persawahan, belakang pemukiman Blok D, Desa Waekokak, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Rabu (17/06/2020). (mon)

Artikel ini telah dibaca 238 kali

Baca Lainnya
x