Nasional

Senin, 26 Agustus 2019 - 00:19 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Komandan Kodim (DANDIM) 1612/Manggari Letnan kolonel Rudy M. Simangunsong. S.Sos (Foto: TeamYPF/Hardy Sungkang)

Komandan Kodim (DANDIM) 1612/Manggari Letnan kolonel Rudy M. Simangunsong. S.Sos (Foto: TeamYPF/Hardy Sungkang)

Dandim 1612/Manggarai: Budaya Manggarai Linear Dengan Semangat Kebangsaan

Floreseditorial.com, Ruteng – Komandan Kodim (DANDIM) 1612 Manggarai Letnan kolonel Rudy M. Simangunsong. S.Sos mengungkapkan bahwa budaya orang Manggarai sangat Linear dengan semangat kebangsaan Indonesia.

Hal ini dikatakannya disela-sela kegiatan penyampaian materi dalam kegiatan PKKMB di FIKP UNIKA Santu Paulus Ruteng. Dandim Manggarai yang saat itu sempat diwawancarai oleh media ini berkomentar terkait maraknya isu-isu radikalisme, rasisme, hoax yang terjadi di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Dandim 1612/Manggarai itu menjelaskan bahwa untuk menangkal isu-isu tersebut merupakan tugas kita bersama. Persoalan itu baginya merupakan sesuatu yang selalu ada dalam kehidupan berbangsa.

“Kita bangsa yang besar pasti selalu ada mimpi tetang isu-isu disintegral seperti itu. Karena itu, saya berharap kita semua berkomitmen untuk menjaga keutuhan negara ini agar terhindar dari isu-isu yang memecah belah seperti itu,” tandasnya.

Kata dia, semua pihak diharapkan bergandengan tangan untuk menjaga keutuhan bangsa ini dari perpecahan dan diskriminasi ras dan golongan.

“Saya yakin kalau semua bergandengan tangan, maka isu radikalisme dan rasisme serta hoax pasti bisa diatasi dengan baik”, papar letnan Rudi tersebut saat diwawancarai media ini, pada sabtu, 24/08/19 lalu di aula UNIKA St. Paulus Ruteng.

Untuk konteks masyarakat Manggarai, Dandim Manggarai sangat mengapresiasi budaya masyarakat Manggarai yang begitu linear terhadap kebuadayaan yang ada. Bagi beliau, budaya Manggarai sangat terbuka dengan perbedaan dan sesama.

“Mari kita rawat budaya kita di Manggarai yang linear ini. Jangan sampai kita terprovokasi dengan isu yang datang dari luar. Apalagi orang Manggarai ini selalu terbuka terhadap setiap perbedaan. Budaya Manggarai itu selalu terbuka dan sangat menghargai perbedaan dan selalu menghargai setiap budaya baru yang ada. Karena itu, mari kita bersama-sama menjaga sikap respek ini demi menjaga Manggarai yang satu dan solid untuk NKRI yang untuh,” tukasnya.

Laporan: Hardy Sungkang

Artikel ini telah dibaca 251 kali

Vidio Populer
Baca Lainnya